Take a fresh look at your lifestyle.

Terlibat Pelecehan Seksual, Uskup AS Dicopot

0 6
Terlibat Pelecehan Seksual, Uskup AS Dicopot

Ilustrasi (Foto: Anadolu)

Washington – Seorang uskup pembantu Gereja Katolik diberhentikan dari kantornya di New York pada Rabu setelah terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap seorang anak di bawah umur.

John Jenik yang berusia 74 dituding memiliki hubungan spesial dengan Michael Meenan yang berusia 52, hampir 40 tahun yang lalu. Sepanjang tahun 1980 – 1986, Meenan dikabarkan telah tidur di kediaman Jenik sekitar 70 kali.



“Meskipun Uskup Jenik menyangkal tuduhan itu, ia telah mengundurkan diri dari pelayanan,” kata Uskup Agung Timothy Dolan dalam sebuah pernyataan.

Pada 2016, Keuskupan agung di New York meluncurkan Program Rekonsiliasi dan Kompensasi Independen (IRCP) pada tahun 2016 untuk membantu para korban dan penyintas pelecehan seksual oleh pemuka agama. 

Dalam program tersebut, semua tuduhan dilaporkan kepada Dewan Peninjauan Kembali, sebuah komite yang memantau perlindungan anak di Gereja Katolik.

“Meskipun insiden itu terjadi beberapa dekade silam, Dewan Peninjauan Kembali telah mengumpulkan sejumlah bukti yang kredibel,” tambah Dolan.

Sementara itu, Jenik mengatakan akan mematuhi kebijakan keuskupan agung dan tidak akan menjalankan tugas-tugasnya di keuskupan sampai masalah ini selesai diusut. (aa)

 

TAGS : Pelecehan Seksual Gereja Katolik Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43196/Terlibat-Pelecehan-Seksual-Uskup-AS-Dicopot/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments