Take a fresh look at your lifestyle.

Teori Marx Masih Bersinar dengan Kebenaran

0 4
Teori Marx Masih Bersinar dengan Kebenaran

Patung Karl Marx (Foto: xinhua)

Tiongkok – Dua abad setelah perubahan besar pada masyarakat, nama Karl Marx masih dihormati di seluruh dunia dan teorinya masih bersinar dengan cahaya cemerlang kebenaran.

Begitu kata Presiden China, Xi Jinping, juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) dan ketua Komisi Militer Pusat, pada pertemuan besar di Beijing untuk merayakan ulang tahun ke-200 kelahiran Marx pada Jumat kemarin.

Xi mengatakan, Marx adalah guru revolusi untuk kaum proletar dan orang-orang yang bekerja di seluruh dunia, pendiri utama Marxisme, pencipta partai-partai Marxis, sebuah jalur bagi komunisme internasional dan pemikir terbesar zaman modern.

“Hari ini, kami mengadakan pertemuan besar ini dengan penghormatan besar untuk menandai peringatan ke-200 kelahiran Marx, untuk mengingat karakter besar dan perbuatan bersejarahnya dan untuk meninjau semangat mulianya dan pikiran briliannya,” kata Xi dilansir xinhua, Minggu (6/6).

Menurut Xi, dengan cita-cita luhur dan tidak takut kesulitan sepanjang hidupnya, Marx mengabdikan dirinya untuk berjuang keras demi pembebasan umat manusia, menaklukkan puncak pemikiran dalam mengejar kebenaran.

Marx bukan hanya tokoh besar yang menanggung beban dunia, tetapi juga orang biasa dengan semangat hidup, yang tulus dan setia pada persahabatan.

Aset spiritual yang paling berharga dan berpengaruh yang ditinggalkan Marx kepada kita adalah teori ilmiah yang dinamai menurut namanya – Marxisme. Seperti matahari terbit yang spektakuler, teori ini menerangi jalan eksplorasi manusia tentang hukum sejarah, dan pencarian manusia untuk pembebasan mereka sendiri.

“Pemikiran dan teori Marx ada pada zamannya dan melampaui zamannya. Ia adalah esensi dari semangat zaman itu dan esensi dari semangat semua manusia,” kata Xi.

Xi mengatakan, Marxisme adalah teori ilmiah yang mengungkap aturan pengembangan masyarakat manusia dengan cara yang kreatif.

“Setelah mengembangkan konsep materialis tentang sejarah dan teori nilai surplus, Marx menunjukkan bagaimana umat manusia akan melompat dari alam keharusan ke ranah kebebasan dan jalan bagi rakyat untuk mewujudkan kebebasan dan pembebasan,” kata Xi.

Marxisme, ideologi pertama untuk pembebasan rakyat itu sendiri, adalah teori rakyat.

“Marxisme, untuk pertama kalinya, mengeksplorasi jalan bagi kebebasan dan pembebasan manusia dari pendirian rakyat, dan menunjukkan arah, dengan teori ilmiah, menuju masyarakat ideal tanpa penindasan atau eksploitasi, di mana setiap orang akan menikmati kesetaraan dan kebebasan,” kata Xi.

Ia menekankan kepraktisan itu merupakan karakteristik utama dari Marxisme yang membuatnya berbeda dari teori-teori lain. Xi mengatakan bahwa Marxisme adalah teori praktik yang mengarahkan orang untuk mengubah dunia.

Ini adalah teori terbuka yang terus berkembang dan selalu berdiri di perbatasan zaman, kata Xi. “Itulah mengapa selalu mampu menjaga muda, mengeksplorasi isu-isu baru dalam perkembangan zaman dan menanggapi tantangan baru bagi masyarakat manusia.” []

 

TAGS : Karl Marx China Xi Jinping Matrealisme

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33828/Teori-Marx-Masih-Bersinar-dengan-Kebenaran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments