Take a fresh look at your lifestyle.

Tekan Corona, Gereja Koptik Mesir Tunda Semua Ritual Keagamaan

0 3
Tekan Corona, Gereja Koptik Mesir Tunda Semua Ritual Keagamaan

Gereja. (Foto: Google)

Mesir, Jurnas.com – Gereja Ortodoks Koptik Mesir memutuskan untuk menunda perayaan Pekan Suci akhir bulan ini untuk meredam penyebaran virus corona (COVID-19).

Keputusan yang disepakati pada Kamis (2/4) yang dipimpin Paus Tawadros II, merupakan tindak lanjut dari pihak gereja bulan lalu memerintahkan penutupan gereja dan penundaan pelayanan keagamaan di seluruh penjuru Mesir.

“Peribadatan, termasuk kebaktian Pekan Suci, yang dianggap paling penting di gereja Ortodoks Koptik, akan ditunda hingga pandemi corona dikendalikan,” bunyi pernyataan yang diunggah media sosial Facebook.

Pekan Suci akan berlangsung sebelum perayaan Paskah yang oleh umat Ortodoks Koptik jatuh pada 19 April 2020 mendatang, satu pekan setelah Paskah umat Katolik Roma.

Juru bicara Gereja Boulos Halim menyebut keputusan tersebut belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencegah virus corona.

Pada 21 Maret 2020, Gereja Koptik memerintahkan agar semua gereja ditutup dan menangguhkan pelayanan keagamaan, misa, dan aktivitas lainnya selama dua pekan untuk melawan penyebaran virus corona.

Namun, keputusan pada Kamis ini memperpanjang pemberlakuan penangguhan kegiatan keagamaan tersebut hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara itu, masih belum jelas apakah Paus Tawadros II, yang mengepalai gereja Koptik, akan melanjutkan misa tengah malam sebelum Paskah.

Kristen Koptik adalah minoritas agama non-Muslim terbesar di Timur Tengah dan menyumbang 10-15% dari populasi Muslim Sunni di Mesir yang berpenduduk 100 juta.

Pada Maret, Gereja Katolik Mesir mengatakan akan menangguhkan misa hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sejauh ini, Mesir sudah mencatat 71 kematian dari 1.070 kasus virus corona yang dikonfirmasi.

Pihak berwenang sudah memberlakukan tindakan keras untuk membatasi interaksi sosial di negara berpenduduk terbesar di dunia Arab itu, termasuk jam malam malam yang mulai berlaku minggu lalu.

Tak main-main, bagi yang melanggar kebijakan tersebut akan didenda hingga 4.000 pound Mesir (USD250) dan hukuman penjara. (Arab News)

TAGS : Virus Corona Pandemi Global Ritual Keagamaan Gereja Koptik Mesir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70079/Tekan-Corona-Gereja-Koptik-Mesir-Tunda-Semua-Ritual-Keagamaan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments