Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Takut Ancaman Trump, PBB Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel

0 6
Tak Takut Ancaman Trump, PBB Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel

Presiden AS, Donald Trump

New York – PBB mengeluarkan resolusi menolak Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Resolusi ini menunjukkan keberanian PBB untuk tidak menggubris ancaman Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Sebelumnya, Trump mengancam akan memotong bantuan ekonomi dan militer AS kepada negara-negara anggota PBB yang menolak keputusannya mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Sejumlah negara yang selama ini menerima bantuan AS memutuskan mendukung resolusi PBB menolak keputusan Trump.

Seperti dikutip dari Reuters, lebih dari 120 negara pada Kamis (21/12) waktu setempat menentang Trump dan memilih mendukung resolusi PBB menolak Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Resolusi ini menyerukan agar AS mencabut keputusannya atas Yerusalem.

Sebanyak 128 negara mendukung resolusi tersebut, sembilan memilih menentang dan 35 abstain. Sementara itu, dua puluh satu negara tidak memberikan suara.

Sembilan negara yang menentang resolusi tersebut adalah Amerika Serikat, Israel, Guatemala, Honduras, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau dan Togo. Sedangkan diantara 35 negara yang abstain adalah Kanada dan Meksiko.

Pemungutan suara tersebut diikuti empat anggota tetap Dewan Keamanan PBB lainnya (China, Prancis, Rusia dan Inggris) serta sekutu penting AS di negara Muslim.

Seorang juru bicara Presiden Palestina yang didukung Barat, Mahmoud Abbas menyebut pemungutan suara tersebut sebagai sebuah kemenangan untuk Palestina.

Sementara itu, AS merasa terisolasi saat dilakukan pemungutan suara resolusi tentang status Yerusalem. Sebab, banyak sekutu Barat dan Arabnya memilih menolak sikap Trump atas Yerusalem. Beberapa sekutu itu adalah Mesir, Yordania dan Irak, yang selama ini sebagai penerima utama bantuan militer atau ekonomi AS.
 
“Amerika Serikat akan mengingat hari ini,  dimana ia diserang di Majelis Umum karena menjalankan haknya sebagai sebuah negara yang berdaulat,” ujat Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

Awal bulan ini, Trump mengumumkan bahwa Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan akan memindahkan kedutaannya di sana.

TAGS : PBB Yerusalem Donald Trump

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26724/Tak-Takut-Ancaman-Trump-PBB-Tolak-Yerusalem-Ibu-Kota-Israel/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments