Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Ada Agenda Pertemuan Iran-AS

0 2
Tak Ada Agenda Pertemuan Iran-AS

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Iran (Menlu Ir), Bahram Qassemi (Foto: Pars Today)

Jakarta  –  sama sekali tak terbesit dalam pikiran Iran untuk bertemu dengan Amerika Serikat (AS) saat ini.  Begitu kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahran Qassemi. Ia menegaskan, pembicaraan dengan  andministrasi Donald Trump sama sekali tidak ada dalam agenda Tehran.

“Mengingat tindakan AS yang naif dan tidak beradab di bawah kepemimpinan Donald Trump usai menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, kita bahkan tak berpikir lagi untuk melakukan negoisasi dengan AS, meski tanpa prasyarat,” ujar Qassemi.



“Masalah ini tidak ada dalam agenda kami. Jadi, tidak akan ada diskusi tentang prasyarat. Seperti yang saya katakan, kami tidak memikirkan tentang pembicaraan dengan AS,” tegasnya.

Qassemi juga mengatakan, Iran tidak akan melakukan negosiasi tentang kemampuan pertahanannya. Apalagi soal program rudal dan nuklirnya.

“Kebijakan pertahanan kami sudah sesuai. Kebijakan ini bermanfaat bagi kawasan dan kami tidak mengadakan pembicaraan tentang apa pun yang terkait dengan kemampuan pertahanan,” tegasnya.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih pada 30 Juli, Presiden Trump membeberkan keinginannya bertemu dengan Presiden Rouhani. Ia bahkan mengatakan, siap menerima Negeri Para Mullah, kapan saja dan tanpa prasyarat apapun.

Namun, beberapa jam setelah pernyataan Trump itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam acara talk show yang digelar CNBC, mengajukan beberapa syarat kepada Iran.

Mei sebelumnya, Pompeo telah menetapkan 12 syarat yang harus dipenuhi Iran, jika ingin melakukan pertemuan. Namun, tak berpikir panjang Tehran langsung menolaknya.

Pada 13 Agustus sebelumnya, Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan,  tidak akan ada perang antara Iran dan AS dan tidak akan ada negosiasi antara kedua negara.

Pemimpin itu mencatat, negosiasi dengan administrasi AS saat ini tidak mungkin dilakukan. “Bahkan jika kami bernegosiasi dengan AS, kami tidak akan pernah mengadakan pembicaraan dengan pemerintahan AS saat ini.”

TAGS : Iran Amerika Serikat Bahran Qassemi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/40936/Tak-Ada-Agenda-Pertemuan-Iran-AS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments