Take a fresh look at your lifestyle.

Syahrial Oesman Siap Fasilitasi Pemekaran Wilayah Sumsel

0 4
Syahrial Oesman Siap Fasilitasi Pemekaran Wilayah Sumsel

Syahrial Oesman

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan 2003-2008, Syahrial Oesman menyatakan dirinya siap memfasilitasi pembentukan kabupaten dan kota baru di Sumsel. Demikian dikatakan Syahrial saat menerima beberapa perwakilan masyarakat yang menyampaikan aspirasi daerahnya untuk dimekarkan di kediamannya di Palembang Sabtu (22|07)

Syahrial menyatakan saat dirinya menjabat bupati di Kabupaten OKU Induk, ia memfasilitasi pembentukan dua wilayah pemekaran yaitu Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan. Syahrial juga mengaku terlibat dalam pemekaran beberapa wilayah lain seperti Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang memekarkan dari kabupaten OKI.

Syahrial bahkan menyatakan ia pernah mengajak para tokoh masyarakat untuk memekarkan Provinsi Sumatera Selatan menjadi Provinsi Sumsel dan Provinsi Sumsel Barat, namun kini gagasan itu tidak relevan lagi.

Syahrial mengungkap adanya aspirasi dari masyarakat di daerah perairan Banyuasin yang ingin mekar menjadi Kabupaten Banyuasin Perairan. Ada juga aspirasi dari masyarakat di wilayah eks kewedanaan di Babat Toman, demikian juga ada aspirasi di daerah Sungai Lilin. Ada juga aspirasi di Kota Betung dan Kota Tanjung Enim yang mau dimekarkan jadi kota.

Pemekaran wilayah yang diinginkan masyarakat dipandang Syahrial masuk akal jika dimaksudkan untuk peningkatan kesejahteraan dan mendekatkan pelayanan pada masyarakat. Namun saat yang sama perlu dipertimbangkan secara serius dan dikaji secara mendalam karena secara faktual pemekaran wilayah juga memunculkan kesenjangan.

Syahrial mengutip hasil Seminar Nasional Kajian Tengah Tahun INDEF 2017 di Jakarta, Rabu (19/7), yang memberikan kritik atas pemberlakukan otonomi daerah yang dianggap sebagai salah satu penyebab ketimpangan ekonomi di Indonesia. Sebab, pemerintah daerah dinilai lebih fokus menjalankan kekuasaan politik ketimbang menggenjot pembangunan. Seminar tersebut ujar Syahrial juga menemukan bahwa pemerintah pusat memberikan sokongan kepada pemerintah daerah dengan menggelontorkan dana perimbangan.

“Ada temuan menarik di seminar itu, pemerintah menggelontorkan dana perimbangan. Dana tersebut terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, peningkatan dana perimbangan tersebut ternyata tidak diimbangi dengan perbaikan ketimpangan”, ujar Syahrial mengutip beberapa temuan di seminar itu.

TAGS : Pilkada sumsel syahrial oesman

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19162/Syahrial-Oesman-Siap-Fasilitasi-Pemekaran-Wilayah-Sumsel/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments