Take a fresh look at your lifestyle.

Sugihardjo Dorong Perguruan Tinggi BPSDM Perhubungan Kerja Sama dengan Pemda

0 12

Sugihardjo Dorong Perguruan Tinggi BPSDM Perhubungan Kerja Sama dengan Pemda

Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo.

Jakarta, jurnas.com – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Perhubungan Sugihardjo mendorong seluruh Perguruan Tinggi di bawah pengelolaan BPSDM Perhubungan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui program pola pembibitan (Polbit) untuk memenuhi kebutuhan SDM transportasi daerah.

Demikian disampaikan Sugihardjo saat newakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka Rapat Koordinasi Pola Pembibitan 2020 Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) di Jakarta, Kamis (5/3).

Program Pola Pembibitan merupakan program pencarian bibit unggul dari lulusan SMA atau yang sederajat untuk bergabung menjadi calon perwira transportasi dengan mengikuti pendidikan di perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP Kementerian Perhubungan dimana setelah lulus nantinya akan diangkat menjadi ASN.

“Program Polbit terdiri dari Pola Pembibitan Kemenhub dimana para lulusan nantinya akan diangkat menjadi ASN di lingkungan Kementerian Perhubungan sementara Polbit Daerah untuk menjadi ASN di pemerintahan daerah. Untuk Polbit Daerah, Pemda bekerja sama dengan PTDI STTD untuk menyekolahkan putera puteri terbaiknya yang selanjutnya akan bekerja sebagai ASN di Pemda tersebut,” tutur Sugihardjo.

Dalam sambutannya Sugihardjo menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi (Rakor) ini diselengarakan sebagai wahana konsolidasi antara PTDI-STTD dengan Pemerintah Daerah sehingga dapat merumuskan langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan Polbit yang lebih efektif, sekaligus dalam rangka persiapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Polbit PTDI-STTD Tahun Akademik 2020/2021.

Sejak tahun 2014 Kementerian Perhubungan melalui kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan PTDI-STTD menjalankan kerja sama Polbit dimana melalui program ini, Pemda memberikan kesempatan bagi Putera/i daerah untuk mandapatkan ilmu transportasi khusunya transportasi darat di Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Perhubungan yang selanjutnya akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Polbit melalui skema kerja sama dengan Pemerintah Daerah baru di matra darat dan hingga saat ini sebanyak 214 Pemerintah Daerah telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PTDI-STTD. Sampai dengan tahun 2019 sudah sebanyak 496 taruna Polbit yang dihasilkan/lulus di bawah kerangka kerja sama ini” kata Sugihardjo.

Direktur PTDI-STTD Hindro Surahmat dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Rakor ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta yang terdiri dari 207 kepala daerah yang telah menjalin kerja sama pola pembibitan dengan PTDI-STTD. Kemudian para pejabat di lingkungan Kemenhub, para Kepala Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota dan stakeholder lainnya.

TAGS : BPSDM Perhubungan Pola Pembibitan Pemda Menteri PANRB STTD

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68474/Sugihardjo-Dorong-Perguruan-Tinggi-BPSDM-Perhubungan-Kerja-Sama-dengan-Pemda/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments