Take a fresh look at your lifestyle.

Soal Wartawan Khashoggi, Turki Minta Pertanggungjawaban Arab Saudi

0 5
Soal Wartawan Khashoggi, Turki Minta Pertanggungjawaban Arab Saudi

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Istambul – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mendesak para pejabat Arab Saudi untuk membuktikan bahwa jurnalis Jamal Khashoggi, yang  hilang sejak pekan lalu, telah meninggalkan konsulat Saudi di Istanbul.

“Pihak berwenang yang relevan diwajibkan untuk memberikan bukti klaim ini, mengenai masalah ini. Jika Khashoggi pergi, Anda harus membuktikan ini. Anda akan membuktikan ini, bahkan jika itu dengan visual,” tegas Erdogan.



“Jika ada yang bertanya kepada otoritas Turki `di mana dia?` pertama-tama harus bertanya `bagaimana ini bisa terjadi?`,” tambahnya.

Turkish Airlines atau (lainnya) dari kedatangan dan keberangkatan bandara semuanya sedang diselidiki. Keberangkatan dan kedatangan ini ada orang-orang tertentu yang berasal dari Arab Saudi,” terang Erdogan.

Erdogan juga mengatakan, Turki sudah kejaksaan kejaksaan sedang mengerjakannya, menginvestigasi, melakukan segalanya. Bahkan pemerintah itu sudah mengerahkan pasukan keamanan, badan intelijen, dan kementerian luar negeri.

Khashoggi, jurnalis dan kolumnis untuk The Washington Post, telah hilang sejak memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Erdogan yang  pribadi mengikuti penyelidikan kasus itu, menambahkan bahwa Turki tidak memiliki dokumen atau bukti terkait dengan kasus tersebut.

Turki secara resmi telah meminta akses ke konsulat Saudi untuk pencarian forensik lengkap dari tempat tersebut.

Sebelumnya pada Senin, pejabat di Istanbul mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka mengharapkan kerja sama penuh (Saudi Arabia) selama penyelidikan Khashoggi.

Pada Minggu, Wakil Menteri Luar Negeri Turki Sedat Onal memanggil duta besar Saudi untuk Turki ke kementerian luar negeri untuk kedua kalinya sejak penghilangan Khashoggi, sumber di kementerian kepada Al Jazeera.

Sumber yang tidak disebutkan namanya di dalam konsulat itu dikutip oleh Agen Saudi Saudi resmi  membantah klaim itu. Ia mengatakan tuduhan itu “tidak berdasar”. (Al Jazeera)

TAGS : Arab Saudi Turki Jamal Khashoggi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/41944/Soal-Wartawan-Khashoggi-Turki-Minta-Pertanggungjawaban-Arab-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments