Take a fresh look at your lifestyle.

Senat AS Loloskan Dana Rp117,5 Triliun Perangi Virus Corona

0 4
Senat AS Loloskan Dana Rp117,5 Triliun Perangi Virus Corona

Seorang pria membeli masker di sebuah toko obat setelah wabah virus corona baru dan penutupan kota, di Wuhan, provinsi Hubei, Cina, pada 29 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com – Senat Amerika Serikata (AS) meloloskan dana USD8,3 miliar (Rp 117,5 triliun) untuk membantu pemerintah negara bagian dan lokal memerangi penyebaran virus corona atau COVID-19.

Dinukil dari Press TV, dengan suara 96-1, Senat menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS pada Rabu (4/3).

Presiden AS, Donald Trump diharapkan menandatangani undang-undang tersebut untuk pengembangan vaksin melawan virus corona yang sangat menular dan membantu upaya internasional mengendalikan penularan.

Trump awalnya meminta USD2,5 miliar, dengan sebagian besar berasal dari dana yang sudah disesuaikan.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, seorang Republikan, mengatakan tentang RUU dana darurat, “Ini adalah perjanjian serius untuk menghadapi tantangan serius dan hari ini kami akan mengirimkannya ke meja Presiden Trump.”

Aksi oleh Kongres terjadi saat angkat kematian AS akibat infeksi virus corona naik menjadi 11 pada Rabu (4/3) dan kasus-kasus baru yang bermunculan di kedua pantai sekitar New York City dan Los Angeles.

Gubernur New York City, Andrew Cuomo mengumumkan pada Kamis (5/3), kasus virus corona yang dikonfirmasi di negara bagian New York sudah berlipat dua menjadi 22 kasus.

Negara bagian Washington terpukul sejauh ini. Senator Demokrat Maria Cantwell mengatakan undang-undang itu akan menyediakan USD11,5 juta untuk membantu departemen kesehatan negaranya menanggapi krisis tersebut.

“Kami membutuhkan dana ini. Kami membutuhkannya sekarang dan kami membutuhkan negara lain untuk memperhatikan pengujian awal yang akan membantu di negara kami dan sekarang mungkin membantu Anda,”kata Cantwell.

Uang untuk melawan virus corona termasuk lebih dari USD3 miliar untuk penelitian dan pengembangan vaksin, alat tes dan perawatan medis. Lainnya, USD2,2 miliar akan membantu kegiatan kesehatan masyarakat pada pencegahan, kesiapsiagaan dan respon terhadap wabah.

Pemerintah federal akan mendedikasikan USD1,25 miliar dalam beberapa minggu dan bulan mendatang untuk membantu upaya internasional yang bertujuan mengekang virus, yang pertama kali terdeteksi akhir tahun lalu di China dan sejak itu menyebar di seluruh dunia.

TAGS : Senat Amerika Serikata Virus Corona Donald Trump

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68506/Senat-AS-Loloskan-Dana-Rp1175-Triliun-Perangi-Virus-Corona/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments