Sembuh Lewat Terapi Puasa

Sembuh Lewat Terapi Puasa

Sehat karena berpuasa

Jakarta – Dr. Joel Fuhrman MD dalam bukunya Fasting And Eating For Health: A Medical Doctor’s Program for Conquering Disease  menulis: “Banyak pasien saya sembuh setelah puasa dan mengubah pola diet yang condong  menjadi vegetarian.  Ada yang sebelumnya mengidap penyakit autoimmun, jantung, diabetes, fibroid,asma, hipertensi, dan berbagai penyakit lainnya.

Dijelaskan, saat makan, tubuh kita bekerja keras mencerna makanan, menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh. Proses ini membutuhkan energi yang besar. Pada saat sakit, energi yang dikeluarkan lebih besar. Sayangnya, saat kita makan, tak cuma nutrisi yang kita dapatkan, tapi juga racun yang masuk bersama makanan. Racun ini memperberat kerja organ ginjal dan hati–untuk membuangnya.

Beban tubuh yang berat ini membuat kita jatuh sakit.  Puasa adalah saat tubuh istirahat, menghentikan racun yang masuk lewat makanan. Dengan begitu tubuh bisa melakukan penyembuhan dirinya sendiri.

“Dikatakan, pola makan adalah sumber kesehatan.  Setiap manusia adalah dokter bagi dirinya sendiri. Para dokter hanya membantu, sebab itu memang pekerjaan mereka. Penyembuhan alami  ada pada diri kita sendiri. Diri kita sendiri adalah kekuatan terbesar untuk sehat. Makanan kita adalah obat kita, dan obat kita adalah makanan kita. Namun, makan ketika sakit sama saja dengan memberi makan penyakit Anda, “ kata Hippocrates (460-337 SM).

Memang, dewasa ini perhatian para ilmuwan pada terapi puasa sangat besar. Psikiater dari Gracie Square Hospital, Newyork, AS, Allan Cott, M.D, merangkum semua hasil penelitian tentang puasa dalam bukunya Why Fast?. Ia juga menulis buku Fasting, The Ultimate Diet .

Dalam bukunya ini ia mengungkapkan manfaat puasa, antara lain: (1) Membuat badan sehat dengan sendirinya; (2) Membersihkan tubuh dari racun-racun; (3) Terasa dan tampak lebih muda; (4) Memperlambat proses penuaan; (5) Menurunkan tekanan darah dan level kolestrol LDL; (5) Fisik dan mental terasa lebih baik; (6) Mampu mengendalikan emosi.*AN/

TAGS : Hikmah Ramadan Manfaat Puasa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/16929/Sembuh-Lewat-Terapi-Puasa/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz