Take a fresh look at your lifestyle.

RUU Pemilu, Empat Fraksi Pendukung Pemerintah Pilih Paket A

0 8
RUU Pemilu, Empat Fraksi Pendukung Pemerintah Pilih Paket A

Rapat Pansus RUU Pemilu

Jakarta – Empat Fraksi pendukung pemerintah di DPR mendukung paket A dari lima opsi yang ditawarkan dalam RUU Pemilu. Adalah, Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, NasDem, dan Hanura.

Empat fraksi pendukung pemerintah itu kompak mendukung opsi yang sama dengan pemerintah. Dimana, paket A menawarkan presidential threshold 20-25 persen, ambang batas parlemen 4 persen, sistem pemilu terbuka, alokasi kursi per dapil 3-10, konversi suara saint lague murni.

Hal itu disampaikan masing-masing fraksi dalam pandangan akhir mini dalam rapat Pansus RUU Pemilu dengan pemerintah, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/7).

“Fraksi PDI Perjuangan memilih opsi paket A untuk dilanjutkan ke paripurna,” kata anggota Pansus RUU Pemilu dari Fraksi PDIP Arif Wibowo.

Kata Arif, jika keputusan sulit dicapai dengan musyawarah mufakat, maka partainya menyerahkan ke pemerintah sebagai pengusul RUU. “Kami siap membuka diri kemungkinan menempuh mekanisme lain sesuai aturan undang-undang,” katanya.

Sementara, Fraksi Partai Golkar yang juga memilih paket A, mengajak fraksi lain dan pemerintah untuk bulat memilih satu dari lima paket yang ada.

“Soal paket pilihan, kami telah sepakati dan kami Fraksi Golkar berketetapan hati kami jatuhkan pilihan pada opsi A,” kata Rambe Kamarulzaman.

Anggota Pansus Fraksi Partai NasDem Johny G Plate mengatakan, partainya juga memilih opsi yang sama dengan pemerintah. “Bagi kami, ini adalah yang terbaik bagi kehidupan politik,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan anggota Pansus dari Fraksi Hanura Rufinus Hotmaulana Hutahuruk. Ia menegaskan, pihaknya juga memilih opsi A.

“Saya tidak perlu sampaikan alasannya. Opsi A ini sudah memiliki alasan sosiopolitik, dan yuridis,” kata Rufinus.

TAGS : RUU Pemilu Pemilu 2019 Presidential Threshold Pemerintah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18778/RUU-Pemilu-Empat-Fraksi-Pendukung-Pemerintah-Pilih-Paket-A/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments