Take a fresh look at your lifestyle.

Rusia Gelontorkan Puluhan Dolar Iklan di YouTube dan Gmail

0 4
Rusia Gelontorkan Puluhan Dolar Iklan di YouTube dan Gmail

Google Inc

Washington – Pihak Google menemukan, periset Rusia menghabiskan puluhan ribu dolar untuk iklan di produk YouTube, Gmail dan Google Searchnya dalam upaya untuk mencampuri pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun lalu.

Iklan tersebut diketahui tidak berasal dari perusahaan afiliasi Kremlin yang sama membeli iklan di Facebook Inc (FB.O), namun lebih mengindikasikan upaya disinformasi online Rusia yang lebih luas, menurut sumber tersebut, yang tidak berwenang untuk membahas rincian investigasi rahasia oleh Alphabet Inc (GOOGL.O) Google.

Microsoft Corp (MSFT.O) mengatakan secara terpisah pada Senin mereka melihat warga Rusia membeli iklan pemilihan Amerika Serikat di mesin pencari Bing atau produk dan platform milik Microsoft lainnya. Seorang juru bicara perusahaan menolak berkomentar lebih lanjut.

Google sepertinya akan mendorong penelitian lebih lanjut mengenai peran raksasa teknologi Silicon Valley yang mungkin terjadi tanpa disadari selama pemilihan tahun lalu. Badan intelijen Amerika Serikat menyimpulka tujuan Moskow untuk membantu memilih Donald Trump.

Google menemukan kurang dari USD100.000 dalam belanja iklan yang berpotensi terkait dengan aktor Rusia, kata sumber tersebut.

Kedua Twitter Inc (TWTR.N) dan Facebook baru-baru ini mendeteksi dan mengungkapkan, tersangka operator Rusia, yang bekerja untuk terkait konten yang dikenal sebagai Internet Research Agency di St. Petersburg, Rusia, menggunakan platform mereka membeli iklan dan memposting konten yang secara politis memecah belah dalam upaya mempengaruhi orang Amerika sebelum dan sesudah pemilihan presiden November 2016.

Badan Penelitian Internet mempekerjakan ratusan dari apa yang disebut “troll” memposting konten pro-Kremlin, sebagian besar palsu atau didiskreditkan, dengan kedok akun media sosial palsu yang diajukan sebagai penduduk Amerika atau Eropa, menurut anggota parlemen dan periset.

Facebook mengumumkan bulan lalu bahwa pihaknya telah menemukan  USD100.000 dalam pengeluaran oleh Internet Research Agency dan, di bawah tekanan dari anggota parlemen, berjanji untuk lebih transparan mengenai bagaimana iklannya dibeli dan ditargetkan.

Tinjauan Google lebih kuat daripada yang dilakukan sejauh ini oleh Facebook atau Twitter, kata sumber tersebut. Untuk diketahui pembelian iklan Rusia di Google pertama kali dilaporkan oleh Washington Post.

TAGS : Rusia Amerika Serikat Google

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22994/Rusia-Gelontorkan-Puluhan-Dolar-Iklan-di-YouTube-dan-Gmail/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments