Take a fresh look at your lifestyle.

Runutan Pelaksaan Sidang Isbat di tengah Corona

0 4
Runutan Pelaksaan Sidang Isbat di tengah Corona

Gedung kantor Kementerian Agama RI

Jakarta, Jurnas.com – Pelaksanaan sidang isbat (penetapan) awal Ramadan tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menyusul pandemi virus corona baru (Covid-19) di Tanah Air, sidang isbat akan digelar melalui konferensi jarak jauh.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan, menyebut kebijakan itu dilakukan guna menghindari kerumunan. Karenanya dia menyebut peserta dan awak media tidak hadir di kantor Kemenag selama proses sidang isbat berlangsung.

“Masyarakat dapat menyaksikan proses isbat nanti melalui live streaming website dan media sosial Kementerian Agama,” terang Kamaruddin dalam keterangannya pada Selasa (14/4).

Menurut Kamaruddin, sebagaimana biasa, sidang isbat akan dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, paparan posisi hilal awal Ramadan 1441H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Paparan ini akan disiarkan secara live streaming melalui website dan medsos Kemenag.

“Akan dibuka dialog. Masyarakat dan media bisa mengikuti melalui room meeting online yang nanti akan dibagikan. Tentu kuotanya juga terbatas,” tutur Kamaruddin.

Setelah Magrib, lanjut Kamaruddin, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa`adi, dan Dirjen Bimas Islam.

Sidang diawali dengan pembacaan laporan olah Direktur Urusan Agama Islam tentang hasil rukyatul hilal dari seluruh Indonesia. Para tokoh ormas yang diundang, bisa mengikuti dan berdialog dalam proses sidang ini melalui ruang pertemuan daring.

“Setelah mendengar laporan dan masukan dari ormas, Menag akan menetapkan awal Ramadan 1441H,” jelas Kamaruddin.

Hasil sidang isbat, lanjut Kamaruddin akan diumumkan secara terbuka oleh Menag melalui telekonferensi pers. Sehingga, media tidak perlu hadir di kantor Kementerian Agama.

TAGS : Kementerian Agama Sidang Isbat Awal Ramadan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70588/Runutan-Pelaksaan-Sidang-Isbat-di-tengah-Corona/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments