Take a fresh look at your lifestyle.

Rudal Korut Diluncurkan Saat Korsel dan AS Latihan Militer

0 6
Rudal Korut Diluncurkan Saat Korsel dan AS Latihan Militer

Bendera kebangsaan Korea Utara (L), Korea Selatan dan Amerika Serikat (Foto: Yonhap News)

Seoul – Korea Selatan dan Amerika Serikat menyelesaikan latihan gabungan tahun mereka pada Kamis (31/8) di tengah ketegangan yang semakin memanas di semenanjung korea.

Latihan tahunan Ulchi Freedom Guardian (UFG), yang dimulai 21 Agustus, melibatkan lebih dari 50.000 tentara Korea Selatan dan sekitar 17.500 anggota dinas Amerika, termasuk 3.000 dari basis luar negeri.

Tujuh negara anggota Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa – Australia, Kanada, Kolombia, Denmark, Selandia Baru, Belanda dan Inggris – juga turut ambil bagian di dalamnya.

Praktek pos komando berfokus pada permainan perang berdasarkan Rencana Operasional 5016 untuk situasi darurat di semenanjung dan strategi pencegahan bersama.

Korea Utara memprotes pelatihan tersebut dengan serangkaian provokasi. Ia melepaskan rudal balistik pada Selasa (29/8) yang mengudara di atas awan Jepang menyusul peluncuran tiga roket jarak dekat.

Dalam latihan  tersebut militera Amerika Serikat belum membawa aset strategis utama seperti pembom jarak jauh dan kapal induk ke UFG, yang bukan merupakan latihan di lapangan.

Sebagai gantinya, tiga komandan militer senior Amerika Serikat – Komando Komando Pasifik Adm Harry Harris, Kepala Komando Strategis Jenderal John Hyten dan Direktur Badan Pelaksana Rudal Letnan Jenderal Samuel Greaves – mengamati UFG secara langsung minggu lalu.

Mereka juga mengeluarkan peringatan ke Korea Utara dalam sebuah konferensi pers bersama yang diadakan di depan dua peluncur rudal Patriot di Pangkalan Udara Osan di selatan Seoul. Hal itu juga dihadiri oleh Jenderal Vincent K. Brooks, pemimpin Pasukan Korea Amerika Serikat

“Bahkan setelah berakhirnya UFG, militer kita akan mempertahankan postur pertahanan tingkat tinggi dan kesiapan melawan provokasi tambahan Korea Utara,“ kata seorang pejabat pertahanan Korea Selatan dikutip dari Yonhap pada Kamis (31/8)

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Korea Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21016/Rudal-Korut-Diluncurkan-Saat-Korsel-dan-AS-Latihan-Militer/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments