Take a fresh look at your lifestyle.

RS Khusus Corona Ditargetkan Rampung Pekan Depan

0 7
RS Khusus Corona Ditargetkan Rampung Pekan Depan

Pembangunan rumah sakit khusus pasien Covid-19 di Pulau Galang (Foto: PUPR)

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan rumah sakit khusus virus corona baru (Covid-19) di Pulau Galang, Kota Batam, Riau rampung pada akhir Maret mendatang.

“Secara keseluruhan progres konstruksi sudah 78 persen dan optimistis selesai pada 28 Maret 2020. Material konstruksi saat ini sudah di lokasi semua. Saat ini tenaga kerja di lapangan berjumlah 1.600 orang,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Rabu (25/3).

Lokasi yang dipilih untuk pembangunan fasilitas tersebut berada di eks pengungsi Vietnam (Sinam) dan area pengembangan yang berjarak 60 km dari Bandara Hang Nadim, serta 56 kilometer dari Kota Batam dengan memanfaatkan lahan seluas 20 hektar dari total luas area 80 hektar.

“Tidak hanya bangunan untuk observasi, penampungan, karantina termasuk isolasi saja, tetapi juga fasilitas pendukungnya, seperti rumah dokter dan perawat, dapur umum, gudang, laundry, dan lain-lain,” terang dia.

Menteri Basuki minta agar kontraktor memenuhi target waktu yang direncanakan, yakni 28 Maret 2020, dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan kerja terkait wabah Covid-19, terutama dalam menjaga kebersihan dan jarak aman dalam berkomununikasi.

RS ini rencananya memiliki kapasitas tampung sebanyak 1.000 tempat tidur. Adapun pada tahap pertama dibangun fasilitas dengan daya tampung 360 tempat tidur,
sedangkan tahap kedua 640 tempat tidur.

Pembangunan fasilitas observasi penyakit menular di Pulau Galang dibagi menjadi tiga Zonasi, yakni Zona A (Renovasi Eks Sinam) meliputi gedung penunjang seperti mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Zona B meliputi fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung seperti ruang isolasi, ruang observasi, laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helicopter (helipad), dan zona utilitas.

Material modul panel yang telah dikirim dari Jakarta saat ini sudah selesai dipasang sebanyak empat modul untuk ruang observasi berkapasitas lima tempat tidur.

“Berbagai perlengkapan medis akan dikirim ke Pulau Galang mulai sore ini dengan pesawat Hercules TNI,” jelas Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ditjen SDA juga telah melakukan pemasangan pipa transmisi air baku sepanjang 13,8 km bersumber dari Waduk Monggak Rempang yang memiliki debit 232 liter/detik, dan tengah dipasang pompa air berkapasitas 5 liter/detik yang menyalurkan air dari reservoir ke clean water tank.

Selain itu juga dilakukan pengerukan dan perluasan kapasitas embung yang berada di Pulau Galang, untuk mendukung penyediaan air baku fasilitas observasi dan isolasi di Pulau Galang yang progresnya saat ini sudah rampung.

TAGS : Rumah Sakit Corona Covid-19 Pulau Galang Kementerian PUPR

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69496/RS-Khusus-Corona-Ditargetkan-Rampung-Pekan-Depan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments