Rouhani: AS Gagal Isolasi Iran

Rouhani: AS Gagal Isolasi Iran

Presiden Iran, Hasan Rouhani (Foto: Abedin Taherkenareh/EP)

Teheran, Jurnas.com – Presiden Hassan Rouhani mengatakan, Amerika Serikat (AS) gagal merusak posisi Iran di dunia dan mengisolasinya. Ia menekankan bahwa dunia tahu betul bahwa rencana musuh tidak dapat membuat negara Iran bertekuk lutut.

Rouhani membuat pernyataan tesebut sebelum perjalanannya ke ibukota Azerbaijan, Baku, untuk menghadiri KTT ke-18 Gerakan Non-Blok (NAM) pada Kamis (24/10).

“Orang-orang Amerika sejak awal setelah mengisolasi Republik Islam Iran dan [menginginkan] negara itu ditinggalkan sendirian, tetapi atas rahmat Tuhan, posisi Iran di antara negara-negara dunia semakin menguat,” kata Rouhani.

Rouhani menggambarkan Iran sebagai negara kunci dan berpengaruh di kawasan Timur Tengah. Ia menekankan, tidak ada keraguan di dunia saat ini bahwa plot musuh khususnya sanksi ekonomi yang keras yang diberlakukan AS terhadap Republik Islam tidak dapat membuat Iran bertekuk lutut.

Ia lebih lanjut mencela Gedung Putih karena mengejar pendekatan sepihak terhadap negara lain dan mencampuri urusan dalam negeri mereka.

Mengomentari perjalanannya ke Baku, Rouhani mengatakan akan menyampaikan pidato selama KTT GNB dan mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara yang berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Presiden Iran mengatakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan timpalannya Azeri Ilham Aliyev hari ini untuk membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama, termasuk implementasi perjanjian Teheran-Baku.

Gerakan Non-Blok adalah sebuah forum dari 120 negara berkembang yang tidak secara resmi disejajarkan dengan atau melawan blok kekuatan utama. Setelah PBB, itu adalah pengelompokan negara-negara terbesar di dunia.

TAGS : Hassan Rouhani Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61466/Rouhani-AS-Gagal-Isolasi-Iran/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz