Take a fresh look at your lifestyle.

Rekaman CCTV Tunjukkan Kongkalikong Pembunuhan Kim Jong nam

0 4
Rekaman CCTV Tunjukkan Kongkalikong Pembunuhan Kim Jong nam

Siti Aisyah, tersangka asal Indonesia yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara (Foto: Reuters/Lai Seng Sin)

Kuala Lumpur – Pejabat kedutaan Korea Utara dan manajer maksapai Air Koryo, bertemu para tersangka pembunuhan Kim Jong nam sesaat setelah insiden tersebut. Demikian menurut rekaman video yang diputar di persidangan Kuala Lumpur, Senin (6/11)

Empat pria dan dua wanita, Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong dari Vietnam didakwa atas pembunuhan Kim Jong nam, menggunakan senjata kimia VX di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari silam.

Keempat tersangka, terekam kamera bandara saat bertemu dengan seorang wanita sebelum menyerang Kim Jong Nam. Mereka disebut warga Korea Utara untuk pertama kalinya pada Senin, satu bulan sejak persidangan dimulai.

“Tiga dari mereka terlihat bertemu dengan pejabat kedutaan Korea Utara dan pejabat Air Koryo, keduanya tidak dikenal, di terminal bandara utama dalam waktu satu jam setelah serangan tersebut,” kata penyidik polisi Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz kepada pengadilan tersebut.

Pihak Korea Utara membantah keras tuduhan pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat yang menyebut Kim Jong Un berada di balik skandal pembunuhan tersebut.

Wan Azirul mengatakan, rekaman yang diputas di ruang sidang menunjukkan petugas Air Koryo membantu ketiga tersangka di sebuah konter check-in bandara. Ia kemudian terlihat mengatur tiket penerbangan untuk tersangka keempat juga.

Wan Azirul menyebut ketiga orang itu warga Korea Utara, Song Hig Song, Ri Ji Hyon, Ri Jae Nam dan O Jong Gil, mengutip temuan intelijen oleh cabang khusus polisi Malaysia.

Wan Azirul mengatakan bahwa ia menyelidiki dan menerima pernyataan dari kedutaan dan pejabat Air Koryo.

“Mereka menjelaskan bahwa alasan mereka ada untuk membantu setiap orang atau warga Korea Utara yang naik pesawat meninggalkan negara tersebut,” katanya kepada pengadilan, dilansir Reuters, Senin (6/11)

Pembunuhan sensasional membongkar hubungan erat antara Malaysia dan Korea Utara. Malaysia terpaksa mengembalikan tubuh Kim Jong nam dan mengizinkan kembalinya tiga orang Korea Utara ingin diinterogasi dan bersembunyi di kedutaan Kuala Lumpur, dengan imbalan pembebasan sembilan orang Malaysia yang terjebak di Pyongyang.

Wan Azirul mengatakan bahwa intelijen polisi juga memberikan informasi tentang tersangka kelima yang diidentifikasi sebagai Ri Ji U, yang juga diduga memiliki nama asli James, berdasarkan gambar dan foto yang diambil dari telepon Siti Aisyah.

TAGS : Korea Utara Kim Jong nam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24344/Rekaman-CCTV-Tunjukkan-Kongkalikong-Pembunuhan-Kim-Jong-nam/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments