Take a fresh look at your lifestyle.

Publik Menanti Implementasi Kebijakan Penanganan Covid-19

0 3
Publik Menanti Implementasi Kebijakan Penanganan Covid-19

Bambang Istianto

Jakarta, Jurnas.com – Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar, Keputusan Presiden (Keppres) Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, dan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan guna menangani pandemi virus Corona (Covid-19).

Meskipun ketiga konten kebijakan tersebut masih menjadi perdebatan publik karena saling berbeda targetnya. Namun, Ketiga perangkat peraturan tersebut dapat berjalan dengan baik dan efektif menekan penyebaran covid-19 jika didukung `komando penanganan Covid-19` yang tegas, lugas dan jelas.

Demikian disampaikan Pengamat kebijakan publik dari Center of Public Policy Studies (CPPS), Bambang Istianto melalui keterangan tertulisnya, Minggu (12/4/2020).

Menurut Bambang, saat ini masyarakat sangat menanti implementasi kebijakan tersebut.

“Publik menanti tindakan cepat pemerintah yakni fokus dan mengedepankan skala prioritas. Yakni melindungi keselamatan nyawa manusia sangat genting diutamakan. soal recovery ekonomi dikesampingkan dulu,” kata Bambang.

Masih kata Bambang, penggelontorkan anggaran untuk infrastruktur kesehatan juga sangat emergency untuk segera dilakukan dengan cepat. Jajaran pemerintahan dari pusat sampai daerah saat ini telah siap bergerak.

“Saatnya urusan birokrasi dikesampingkan karena kedaruratan nasional,” katanya.

Demikian pula adanya pemikiran kekuasaan akan jatuh juga harus dibuang jauh jauh.

“Kepemimpinan presiden saat sekarang harus ditunjukkan sebagài solidaritas maker dalam melawan covid 19,” tegas Bambang.

Menurutnya, apabila dalam waktu tiga minggu implemenatsi pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) dapat berjalan dengan baik dan efektif. Ribuan atau mungkin puluhan ribu nyawa manusia pun bisa terselamatkan dan akhirnya kepercayaan publik kepada masyarakat akan meningkat.

Untuk itu, dia meminta pemerintah untuk memfokuskan penanganan corona dengan baik.

“Kekuatan daya tahan rakyat melawan wabah pandemi ini berada di belakang ketulusan pemerintah. Karena itu lupakan dulu memindahkan ibukota. Dananya fokus untuk mengusir virus corona dari bumi indonesia,” harap Bambang. 

TAGS : Bambang Istianto Covid-19

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70447/Publik-Menanti-Implementasi-Kebijakan-Penanganan-Covid-19/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments