Puasa Hambat Leukimia

Puasa Hambat Leukimia

Ilustrasi Leukemia

Sebuah pusat penelitian UT Southwestern mendapatkan temuan baru: puasa mampu menghambat sel kanker leukimia yang biasanya diderita anak-anak.

“Uji coba ini dilakukan pada tikus yang diberikan sel kanker leukimia. Namun ini tergantung tipe leukimianya. Jadi, tak semua tipe leukimia dapat dihambat dengan puasa. “Maka itu kita butuh penelitian lebih lanjut,” ujar Dr Chengcheng Alec Zhang, peneliti di UT Southwestern.

Dr Zhang membagi tikus-tikus penderita leukimia dalam dua kelompok: kelompok yang tak puasa dan yang puasa.  Kelompok tikus yang berpuasa menunjukkan, persentase sel-sel kanker di dalam sumsum tulang dan limpanya menurun. Diikuti pula penurunan jumlah sel darah putih.

Tikus yang berpuasa selama tujuh minggu memiliki limpa dan lambung yang sehat seperti tikus normal.  Biasanya mereka akan tewas pada hari ke 59. Sebaliknya, tikus yang berpuasa mampu bertahan hidup hingga 120 hari lamanya.

Saat puasa terjadi penurunan kadar leptin di dalam aliran darah dan sumsum tulang.  Hingga  sel kanker bersih di dalam darah.
 
Dr Zhang terus melakukan penelitian ini, dan berharap segera menerapkannya pada manusia. Selama percobaan ini ia tidak menggunakan obat. Para tikus hanya menjalani puasa.*AN

TAGS : Hikmah Ramadan Manfaat Puasa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/16968/Puasa-Hambat-Leukimia/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz