Take a fresh look at your lifestyle.

Presiden Baru Afrika Selatan Janji Berantas Korupsi

0 4
Presiden Baru Afrika Selatan Janji Berantas Korupsi

Presiden baru Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa ( Foto: Ihsaan Haffejee)

Johannesburg  – Presiden baru Afrika Selatan Cyril Ramaphosa bernjanji akan berantas korupsi di lembaga-lembaga publik dan mengundang lebih banyak investor ke negaranya dalam pidato kenegaraan pertamanya di hadapan parlemen pada Jumat.

“Ini adalah tahun di mana kita harus menghapuskan korupsi di lembaga-lembaga publik kita,” ujar Ramaphosa.

Ramaphosa akan segera meluncurkan komisi khusus  untuk menyelidiki tuduhan pebisnis-pebisnis yang mencampuri urusan pemerintahan.

Keluarga Gupta, yang sangat berpengaruh di Afrika Selatan dan terdiri dari tiga kakak-beradik, dituduh memengaruhi Presiden Jacob Zuma dan pejabat-pejabat penting lain untuk melancarkan kepentingan bisnis mereka.

Ramaphosa berkata hasil investigas ini akan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap institusi publik di Afrika Selatan.

“Kita harus memerangi korupsi, penipuan, dan kolusi di sektor swasta dengan kekerasan yang sama seperti di sektor publik,” tukasnya.

Beberapa tahun terakhir, dilaporkan sejumlah besar kasus korupsi di perusahaan-perusahaan negara, yang melibatkan keluarga Gupta dan pejabat negara.

Kamis lalu, parlemen menetapkan Ramaphosa sebagai presiden baru negara ini menggantikan Jacob Zuma, presiden berusia 75 tahun yang mengundurkan diri pada Rabu malam.

Sebelumnya, Ramaphosa adalah wakil Zuma dan pemimpin partai Kongres Nasional Afrika (African National Congress/ANC). Mantan anggota serikat buruh dan aktivis anti-apartheid ini juga merupakan salah satu pebisnis terkaya di Afrika Selatan.

Dalam pidatonya, dia juga menjanjikan kebijakan yang konsisten guna menambah kepercayaan investor asing.

Para ahli sebelumnya mengatakan kepemimpinan Zuma tak memberikan kepastian hukum karena terlalu sering melakukan reshuffle kabinet, membongkar pasang menteri-menteri penting, sehingga pasar jadi tak menentu.

Ramaphosa juga menjanjikan lapangan pekerjaan untuk kaum muda dengan mengadakan konferensi investasi selama tiga bulan untuk menunjukkan peluang investasi di negara tersebut. (aa)

TAGS : Afrika Selatan Cyril Ramaphosa Korupsi Investor

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29304/Presiden-Baru-Afrika-Selatan-Janji-Berantas-Korupsi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments