Take a fresh look at your lifestyle.

Polri Bentuk Densus Antikorupsi, KPK Tak Merasa Tersaingi

0 8
Polri Bentuk Densus Antikorupsi, KPK Tak Merasa Tersaingi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak merasa terganggu dengan rencana Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang akan membentuk Destasemen Khusus  Tindak Pidana Korupsi (Densus Antikorupsi). Bahkan, lembaga antikorupsi tak merasa tersaingi dengan rencana Korps Bhayangkara mengenai pembentukan Densus Antikorupsi tersebut.

“KPK tidak merasa tersaingi dengan akan dibentuknya Densus Antikorupsi,” ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2017).

KPK, kata Laode, justru mengapresiasi rencana yang disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat rapat kerja dengan Komisi III DPR. Menurut Laode, pembentukan Densus Antikorupsi akan meningkatkan efektivitas kerja kepolisian dalam pemberantasan korupsi bila dapat dikelola dengan maksimal.

KPK berharap kerjasama dengan Polri untuk kedepannya akan lebih baik lagi. Tak merasa terganggu, KPK memastikan tetap bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diatur salam Undang-Undang Nomor 30/2002 tentang KPK, dan aturan lainnya yang terkait pemberantasan korupsi.

“Sehingga KPK dapat melakukan koordinasi dan supervisi dengan baik,” tandas Laode.

Seperti diketahui, Polri sedang  menyusun dan mengkaji pembentukan Destasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Antikorupsi). Densus Antikorupsi tersebut bakal disiapkan hingga level Polda.

Wacana membentuk Densus Antikorupsi sudah disampaikan kepada KPK dan Kejaksaan Agung beberapa waktu lalu. Densus Antikorupsi ini ditargetkan bisa terbentuk akhir tahun ini.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan, pembentukan lembaga khusus penanganan korupsi di Korps Bhayangkara ini salah satunya dilatarbelakangi lantaran keterbatasan jumlah pegawai dan penyidik di KPK yang berjumlah di kisaran seribu orang.

Tito memastikan, tugas Densus Antikorupsi tak akan tumpang tindih dengan KPK. Nantinya, densus akan berkolaborasi dengan KPK dalam menangani kasus. KPK tetap menjadi triger mechanism dan supervisor.

TAGS : Kapolri Tito Karnavian KPK

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18971/Polri-Bentuk-Densus-Antikorupsi-KPK-Tak-Merasa-Tersaingi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments