Take a fresh look at your lifestyle.

Politisi Iran Minta Hariri Jadi Mediasi Iran-Saudi

0 8
Politisi Iran Minta Hariri Jadi Mediasi Iran-Saudi

Penasihat utama Pemimpin Revolusi Islam dan ketua Dewan Riset Strategis Dewan Pertanahan Ali Akbar Velayati (Foto: Maryam Kamyab)

Tehran – Politisi senior Iran Ali Akbar Velayati mengatatakan pertemuannya dengan Saad Hariri, hanya menyerukan sebuah mediasi antara Iran dan Arab Saudi yang tegang dalam beberapa tahun terakhir.

Velayati dan Hariri bertemu pada tanggal 3 November di Beirut. Hariri mengumumkan pengunduran dirinya saat berkunjung ke Riyadh. Ia menyebut campur tangan Iran dalam urusan negara-negara Arab atas pengunduran dirinya.
 
Penasihat utama Pemimpin Revolusi Islam dan ketua Dewan Riset Strategis Dewan Pertanahan, Velayati membantah dengan kuat bahwa ia mengancam Hariri dalam pertemuan tersebut.

“Duta besar kami untuk Lebanon juga menghadiri pertemuan kami. Tidak ada ancaman selama pertemuan tersebut. Kami membahas hubungan bilateral dan regional dan dia (Hariri) meminta mediasi antara Iran dan Arab Saudi dan saya mengatakan kepadanya, kami belum memiliki masalah dengan negosiasi, katakan kepada orang Saudi bahwa sudah tiga tahun Anda menghancurkan Yaman,” kata Velayati.

“Saya mengatakan kepada Hariri untuk memberitahu Saudi agar berhenti melakukan kejahatan kemanusiaan di Yaman dan mengadakan pembicaraan dengan orang-orang Yaman karena masalahnya dapat dipecahkan secara politis dan bukan melalui pemboman buta,” tambahnya.

Pengunduran Hariri adalah masalah internal

Lebih lanjut, Velayati menyebut pengunduran diri Hariri adalah masalah internal. Ia mengharapkan Hariri meninjau kembali keputusannya dan tetap menjadi Perdana Menteri Lebanon

“Pengunduran diri Hariri adalah masalah internal dan kami berharap ia akan kembali ke Lebanon agar orang-orang Lebanon memutuskan dalam hal ini,” kata Velayati yang merupakan menteri luar negeri Iran dari tahun 1981 sampai 1997.

Politisi senior Iran menambahkan, Arab Saudi telah mencampuri urusan negara-negara regional dan gagal berusaha untuk menghancurkan Irak dan Suriah. “Saudi juga berusaha menciptakan ketegangan di Lebanon namun tidak akan berhasil di sana,” katanya.

Dalam sebuah wawancara televisi pada Minggu (12/11), Hariri mengatakan bahwa ia akan kembali ke rumah dalam beberapa hari untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya.

Dalam pidatonya tersebut, ia kembali mengatakan bahwa masalah utama untuk wilayah ini adalah campur tangan Iran di negara-negara Arab. Banyak analis dan politisi percaya bahwa Hariri dipaksa untuk mengundurkan diri dari tekanan dari keluarga al-Saud.

TAGS : Lebanon Arab Saudi Saad Hariri Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24787/Politisi-Iran-Minta-Hariri-Jadi-Mediasi-Iran-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments