Take a fresh look at your lifestyle.

Pertemuan Kairo Tentukan Takdir Qatar

0 2
Pertemuan Kairo Tentukan Takdir Qatar

Menteri Luar Negeri UEA, Abdullah bin Zayed al Nahyan berbicara kepada Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel dalam konferensi pers di Abu Dhabi pada Selasa (4/7) (Foto: AFP)

Jakarta – Menteri luar negeri dari empat negara yang menyerukan memerangi terorisme, Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir, bertemu di Kairo Rabu membahas tanggapan Qatar terhadap 13 tuntutan di tengah krisis diplomatik Teluk.

“Kami berharap dapat menerima tanggapan Qatar atas tuntutan tersebut untuk mempelajarinya secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan,” kata Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeirdalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Jerman Sigmar Gabriel dikutip Arab News pada Rabu (5/7)

Pertemuan tersebut belangsung setelah empat negara Arab memberi Doha waktu 48 jam ekstra untuk memenuhi tuntutan mereka setelah batas waktu 10 hari berakhir pada Minggu (1/7).

“Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, akan ada pertemuan kuartet para menteri luar negeri Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain di Kairo pada Rabu 5 Juli untuk menindaklanjuti situasi yang sedang berkembang mengenai hubungan Dengan Qatar, ” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Abu Zeid  dalam sebuah pernyataan sebelumnya.

Keempat negara tersebut memutuskan hubungan diplomatik dan perjalanan dengan Qatar bulan lalu atas tuduhan mendukung terorisme dan menjadi sekutu musuh regional Iran, meski  tuduhan tersebut berulang kali dibantah oleh Doha.

Menurut laporan Arab News, keempat negara tersebut akan mengancam sanksi lebih lanjut jika Qatar tidak mematuhi daftar 13 tuntutan yang diajukan melalui mediator Kuwait 10 hari lalu, yang ditolak Qatar.

Sementara itu, Gabriel  yang mengadakan pertemuan  menteri luar negeri UEA dan Qatar  melihat adanya tanda-tanda adanya kemungkinan melibatkan badan internasional dalam diskusi dalam perselisihan tersebut

Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed Al-Nahyan mengatakan, keempat negara Arab tersebut belum menerima rincian tanggapan Qatar terhadap tuntutan yang mereka buat sebagai bagian dari krisis diplomatik yang mencengkeram Teluk Arab. Ia menolak untuk mengatakan tindakan apa yang akan dilakukan negara-negara tersebut terhadap Qatar.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun ia  mengatakan Doha sedang mencari solusi berdasarkan dialog.

“Keadaan Qatar telah mengadopsi sikap yang sangat konstruktif sejak awal krisis. Kami ingin bertindak matang dan membahas masalah ini, “katanya

TAGS : Qatar Arab Saudi Kuwait Jerman

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18381/Pertemuan-Kairo-Tentukan-Takdir-Qatar/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments