Take a fresh look at your lifestyle.

Penyidikan Korupsi Saudi Menjalar Hingga ke Luar Negeri

0 5
Penyidikan Korupsi Saudi Menjalar Hingga ke Luar Negeri

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Dubai – Tindakan keras Arab Saudi terhadap korupsi menjalar hingga di luar perbatasannya. Hal itu terlihat, saat regulator di Uni Emirat Arab meminta bank-bank UEA mendapatkan informasi warga Saudi yang terlibat korupsi.

“Bank sentral UEA meminta bank umum dan perusahaan pembiayaan di UAE untuk memberikan rincian rekening 19 orang Saudi, bankir komersial kepada Reuters pada Kamis (9/11), menolak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah tersebut, dilansir Reuters, Kamis (9/11)

Hampir semua dari 19 orang, termasuk miliarder Pangeran Alwaleed bin Talal dan mantan kepala Garda Nasional Pangeran Miteb bin Abdullah, diketahui berada di antara puluhan pejabat senior dan pengusaha yang ditahan dalam penyelidikan korupsi.

Bankir komersial mengatakan otoritas UEA tidak menjelaskan mengapa mereka menginginkan informasi tersebut. Namun, pihak berwenang percaya tindakan tersebut dilakukan atas perintah pemerintah Saudi, yang mengatakan bahwa pihaknya bertujuan untuk memulihkan miliaran dolar aset terlarang yang diidentifikasi dalam penyelidikannya.

UAE, yang terutama emirat Dubai yang paling terkenal, adalah salah satu tempat utama di mana orang-orang Saudi yang kaya menyimpan uang mereka di luar negeri. Selain rekening bank, mereka membeli apartemen mewah dan vila di Dubai dan berinvestasi di pasar saham emirat yang bergejolak.

Para bankir komersial UEA mengatakan  mereka tidak diminta untuk membekukan rekening Saudi di institusi mereka, namun mereka yakin permintaan informasi bank sentral mungkin merupakan awal tindakan tersebut.

“Risiko akun dibekukan membahayakan lapangan Dubai sebagai pusat perbankan swasta”, kata seorang bankir yang berbasis di Teluk, menambahkan, “Bank di UAE penuh dengan uang Saudi.”

Seorang bankir senior di sebuah bank internasional yang berbisnis di Arab Saudi mengatakan bahwa lembaganya  membekukan beberapa akun, baik di dalam kerajaan maupun di luar, sebagai tanggapan atas permintaan pemerintah Saudi.

Bank tersebut melakukan penyelidikan sendiri terhadap rekening yang terkait dengan orang-orang yang telah ditahan, kata bankir tersebut tanpa menjelaskan lebih jauh.

Seorang bankir lain di wilayah tersebut mengatakan, lembaganya menerima lebih banyak pertanyaan dari klien Saudi mengenai transaksi keuangan lintas batas, namun menangani pertanyaan tersebut dengan sangat hati-hati karena mungkin ada tindakan lebih lanjut oleh regulator.

TAGS : Arab Saudi Mohammed bin Salman Korupsi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24520/Penyidikan-Korupsi-Saudi-Menjalar-Hingga-ke-Luar-Negeri/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments