Take a fresh look at your lifestyle.

Pentingnya Peran Keluarga Dalam Sosial Masyarakat

0 5
Pentingnya Peran Keluarga Dalam Sosial Masyarakat

Sejumlah pejabat negara saat hadir dalam seminar keluarga besar FKPPI. (Foto : Istimewa)

Jakarta- Seminar Nasional Keluarga Besar FKPPI baru saja berlangsung pada, Senin (29/10/2018), di Jakarta Convention Center. Tema yang diangkat “Peran Serta FKPPI Dalam Membina Keluarga Untuk Memperkuat Nilai-nilai Kebangsaan”.

Kegiatan ini menjadi awal dalam memberikan pengetahuan serta untuk menemukan model yang tepat bagi pendidikan karakter anak dalam keluarga yang nantinya diharapkan menjadi gerakan yang masif untuk menanamkan nilai-nilai keIndonesiaan kepada anak-anak bangsa.



Sudah menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa ini untuk berperan serta dalam menjaga keutuhan Bangsa Indonesia dan saling bersinergi dalam mensolidasi ketahanan nasional, termasuk didalamnya keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat namun memiliki peran strategis dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai kabangsaan sejak dini dan intensif.

Pentingnya Peran Keluarga Dalam Sosial Masyarakat

“Keluarga memiliki peran yang sangat penting sebagai bagian dari ketahanan sosial dalam masyarakat. Kekuatan dan ketahanan keluarga akan menciptakan masyarakat yang kokoh terhadap tantangan perubahan sosial yang sangat complicated di masyarakat. Kehidupan keluarga tidak terlepas dari sistem nilai yang ada di masyarakat, antara lain agama dan adat istiadat,” ungkap Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo dalam kesempatan tersebut.

Pada era teknologi digital saat ini dimana transfer informasi dan nilai nilai global sangat cepat dan mudah diperoleh akan sangat mempengaruhi nilai nilai positif dan negatif, serta nilai nilai baru dan lama akan terus berkembang dalam kehidupan sosial kemasyarakatan seiring perkembangan jaman. Dengan demikian posisi keluarga tentunya menjadi sangat strategis dalam menyaring nilai nilai tersebut.

“Keluarga sebagai basis pembinaan awal berperan penting dalam pembinaan terhadap anggota keluarga terutama anak-anak sehingga pada saatnya nanti mereka siap terjun ke lingkungan yang lebih besar yakni masyarakat dan bangsa,” kata Cahyo Kumolo.

Keluarga Besar FKPPI sebagai organisasi masyarakat yang cukup solid dan tersebar di pelosok tanah air, yang memiliki anggota di seluruh wilayah Propinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, merupakan komponen masyarakat yang memiliki potensi besar untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat pada umumnya dan untuk anggota FKPPI khususnya mengenai pentingnya peran keluarga dalam memberikan pendidikan karakter bagi anak-anaknya sebagai bagian dari upaya mempertahankan nilai-nilai kebangsaan di tengah kuatnya arus globalisasi dan tantangan era digital.

TAGS : Cahyo Kumolo Peran Penting Keluarga

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43121/Pentingnya-Peran-Keluarga-Dalam-Sosial-Masyarakat/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments