Take a fresh look at your lifestyle.

Pentagon Ajukan Rp4,1 Triliun untuk Persenjatai "Teroris" di Suriah

0 7
Pentagon Ajukan Rp4,1 Triliun untuk Persenjatai "Teroris" di Suriah

Tentara Amerika Serikat

Washington – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengusulkan dana USD300 juta  atau sekira Rp4,1 triliun untuk mempersenjatai dan memberikan perlengkapan kepada partner-partner mereka di Suriah dalam perang melawan Islamic State Iraq and Syria (ISIS).

Dalam roposal anggaran 2019, nama kelompok teror PYD/PKK juga dicamtumkan. Selain itu, mereka juga memohon dana USD250 juta atau sekira Rp3,4 milia untuk membangun keamanan perbatasan di Suriah.

Laporan yang berjudul FY 2019 Overseas Contingency Operations (OCO) Request Counter-ISIS (Daesh) Train and Equip Fund (CTEF) itu sempat diterima Anadolu Agency pada Senin (16/4).

Propsal itu menunjukkan bahwa pemerintah AS berniat memberikan perlengkapan kepada 30.000 orang yang terlibat dalam misi melawan ISIS di kawasan lembah Sungai Efrat, dan sekitar 35.000 “Pasukan Keamanan Internal” di daerah-daerah yang sudah dibebaskan di seluruh Suriah.

“Untuk mencapai tujuan militer AS, pasukan rekanan di Suriah akan terdiri dari pasukan lokal sesuai demografi, yang sudah cukup dilatih dan dipersenjatai untuk memastikan mereka bisa menghadapi ISIS,” bunyi proposal anggaran itu.

Menurut dokumen itu, dari total dana USD300 juta, hingga USD162,6 juta atau sekiraRp2,2 triliun akan digunakan untuk senjata, peralatan dan kendaraan, USD8 juta atau sekira Rp110 miliar untuk kebutuhan kemanusiaan, USD28 juta atau Rp385 atau sekira Rp1,3 triliun untuk transportasi, dan USD101,5 juta untuk dukungan operasional.

Di antara lain, Pentagon berencana mengirimkan 25.000 senjata otomatis AK-47, 1.500 senjata mesin ringan, 500 senjata mesin berat, 400 peluncur roket RPG-7, 95 senjata tembak jitu, dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga meminta dana USD24 juta atau sekira Rp330 miliar untuk amunisi senjata-senjata itu.

AS sudah lama mendukung PYD/PKK, yang merupakan cabang Suriah dari organisasi teror PKK yang memberontak terhadap Turki selama 30 tahun terakhir, dan mengakibatkan tewasnya ribuan orang. (aa)

TAGS : Amerika Serikat Suriah ISIS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/32614/Pentagon-Ajukan-Rp41-Triliun-untuk-Persenjatai-Teroris-di-Suriah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments