Take a fresh look at your lifestyle.

Penceramah Diminta Tak Bicara Isu Politik dan SARA

0 4
Penceramah Diminta Tak Bicara Isu Politik dan SARA

Ketua Umum PP IKADI Ahmad Satori Ismail

Jakarta – Memasuki tahun politik, para penceramah diminta tidak ikut-ikutan membicarakan isu politik ke tengah-tengah majelis agama. Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Prof. Dr. KH Ahmad Satori Ismail.

“Kepada para da’i (penceramah, Red), sampaikan Islam yang baik-baik saja. Tidak usah bicara politik praktis,” imbau Ismail, Jumat (23/2) di Jakarta.

Ada tiga permintaan Ismail kepada para penceramah atau pendakwah. Pertama imbauan tidak membawa isu politik ketika berceramah. Kedua, tidak membicarakan masalah perbedaan pandangan (khilafiyyah).

“Masalah khilafiyyah sudah ada sejak zaman nabi. Karena itu janganlah membid’ahkan orang, mengafirkan orang, menyalahkan orang, dan merasa diri paling sunnah,” tegasnya.

Ketiga imbauan untuk tidak berbicara soal suku, agama, ras, antar golongan (SARA). Menurut Ismail, Indonesia memang terlahir dari keberagaman. Karena itu tak perlu lagi mempertanyakan tentang bentuk negara, atau memaksakan ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila.

“Kita ingin Indonesia dan NKRI sebagai satu kesepakatan bersama. MUI pun sudah menyatakan bahwa NKRI adalah bentuk final. Ini kesepakatan,” ujar Ismail.

Tak perlu takut berdakwah

Menyusul maraknya kekerasan terhadap ulama belakangan ini, Ismail mengimbau kepada para penceramah supaya tidak gentar. Penceramah hadir untuk menyampaikan kebaikan. Karena itu, pengujar kebaikan tak perlu takut dengan adanya ancaman.

“Kalau orang mengajak kebaikan mengapa harus takut?” kata Ismail.

Kendati demikian, Ismail meminta para penceramah tetap waspada. Jika merasa ada ancaman, supaya segera melapor kepada aparat kepolisian.

“Kalau ada bukti orang asing bawa celurit dan lain sebagainya, ya tinggal ditangkap saja. Kita harus waspada pada orang-orang yang ingin mengadu domba,” terangnya.

TAGS : Pemilu Penceramah SARA Agama

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29603/Penceramah-Diminta-Tak-Bicara-Isu-Politik-dan-SARA/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments