Take a fresh look at your lifestyle.

Pemerintah Rampungkan Pembangunan 22 Rusun Pesantren

0 6
Pemerintah Rampungkan Pembangunan 22 Rusun Pesantren

Pesantren Mahad Aly Tarbiyatul Lampung

Jakarta – Sebanyak 22 rumah susun (rusun) pondok pesantren di 22 lokasi sedang diselesaikan oleh pemerintah. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari program Sejuta Rumah, yang bertujuan untuk mengurangi kekurangan rumah di Indonesia, serta melakukan penataan kawasan pondok pesantren (ponpes)

“Pembangunan rusun disamping untuk pekerja, MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), TNI/Polri, mahasiswa, juga santri di pondok pesantren. Ini merupakan bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah dalam penyediaan rumah dan penataan kawasan lingkungan pendidikan. Semoga rusun bisa memberikan kontribusi nyata bagi santri dalam menimba ilmu,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono lewat siaran pers, Senin (17/7).

Berbeda dengan rusun yang diperuntukan untuk keluarga, rusun ponpes bertipe barak dan setiap rusun terdiri dari tiga lantai yang dapat dihuni oleh sekitar 216 santri. Sebanyak 72 santri dapat ditampung pada setiap lantai yang dilengkapi 10 unit toilet, 10 unit WC, 2 unit tempat wudhu, 1 unit janitor dan 2 unit pantri.

Setiap Rusun ponpes yang dibangun oleh Kementerian PUPR sejak 2015 sudah dilengkapi fasilitas air bersih, listrik, dan meubelair seperti tempat tidur tingkat, meja belajar, dan lemari pakaian. Sehingga para santri yang datang tinggal menempati rusun yang telah disediakan.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyediaan Perumahan sepanjang 2017 akan merealisasikan pembangunan sebanyak 660 unit rusun di 22 ponpes di Indonesia dengan dana yang dialokasikan sebesar Rp 214,8 miliar.

Salah satu rusun yang sedang dalam tahap kontruksi adalah Rumah Susun Santri Putri Pondok Pesantren Mustofhawiyah di Desa Purba Baru, Lembah Sorik di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara. Pemerintah menyiapkan lahan seluas 1.485 meter persegi untuk Rusun Ponpes Mustofhawiyah yang terdiri dari tiga lantai dan dapat menampung 216 santri.

TAGS : Kementerian PUPR Rusun Pesantren Infrastruktur

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18959/Pemerintah-Rampungkan-Pembangunan-22-Rusun-Pesantren/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments