Take a fresh look at your lifestyle.

Pemerintah Belum Pikirkan untuk Lockdown Indonesia

0 5
Pemerintah Belum Pikirkan untuk Lockdown Indonesia

Virus corona (Foto: Press TV)

Jakarta, Jurnas.com – Pemerintah belum pikirkan untuk lakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran virus corona.

“Kita tidak akan memberikan opsi lockdown,” tegas Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, tindakan lockdown justru membuat pergerakan untuk menghentikan penyebarluasan virus corona di Indonesia malah terbatas.

“Karena kalau di-lockdown malah kita tidak bisa berbuat apa-apa. Tetapi tentunya ini akan menjadi keputusan bersama yang akan segera dikoordinasikan di tingkat kementerian,” ujar Achmad Yurianto.

Memang diakuinya, dalam situasi corona yang sudah menjadi pandemi dunia, maka kesiapsiagaan menghadapi pandemi itu menjadi mutlak dilakukan. Bahkan bagi negara-negara yang belum ada kasus corona satu pun harus segera siap siaga.

Salah satu bentuk kesiapsiagaan beberapa negara adalah melakukan lockdown di beberapa wilayahnya. Seperti Denmark dan Amerika. Hal ini dilakukan untuk menyikapi pengendalian penyakit, agar tidak ada yang bisa keluar dan masuk dari wilayah yang sudah terinfeksi virus corona.

“Meski konsekuensi lockdown itu, bisa saja kasus di tempat itu naik cepat. Sebagai contoh Diamond Princess, dalam waktu singkat naik dengan cepat karena orang sakit dan tidak sakit berkumpul di situ. Jadi sikap kehati-hatian untuk merespon corona sebagai pandemi itu harus,” terang Achmad Yurianto.

Meski belum memikirkan melakukan lockdown, Pemerintah sudah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk membatasi pergerakan orang dari negara yang terinfeksi corona cukup tinggi masuk ke Indonesia.

“Dalam waktu dekat ini akan ada rapat di tingkat menteri, untuk mengkoordinasikan bagaimana menyikapi bebas visa dan sebagainya, semata-mata untuk membatasi pergerakan orang. Karena kita tahu, faktor pembawa virus ini adalah manusia,” jelas Achmad Yurianto.

TAGS : Corona Lockdown Indonesia Achmad Yurianto

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68868/Pemerintah-Belum-Pikirkan-untuk-Lockdown-Indonesia/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments