Take a fresh look at your lifestyle.

Pemenang Gala Siswa Indonesia Dibawa ke Juventus

0 4
Pemenang Gala Siswa Indonesia Dibawa ke Juventus

Konferensi pers Gala Siswa Indonesia

Jakarta – Gala Siswa Indonesia (GSI) untuk sekolah menengah pertama (SMP) tingkat nasional resmi dimulai Selasa (9/10) besok di Stadion Soemantri Brojonegoro, Jakarta Selatan.

Kompetisi yang terselenggara berkat kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut, diikuti oleh 612 siswa dan 136 pendamping (official) yang mewakili 34 provinsi se-Indonesia.



Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud Hamid Muhammad mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan hadiah khusus bagi tim yang memenangkan GSI 2018. Tak tanggung-tanggung, 25 orang yang terdiri dari 18 siswa dan tujuh official berkesempatan berlatih dengan klub Italia, Juventus.

“Desember ini pembinaan ke Juventus. Mudah-mudahan bisa terwujud. 18 siswa terbaik juga akan dipilih untuk berlatih di luar negeri tahun depan, entah China atau Jepang,” kata Hamid dalam konferensi pers Gala Siswa Indonesia di Kantor Kemdikbud Jakarta, pada Senin (8/10).

Namun sebelum mendapatkan satu tim pemenang, lanjut Hamid, 612 siswa dari 34 tim perwakilan provinsi terlebih dahulu harus bertarung di Jakarta hingga partai puncak pada 20 Oktober mendatang.

Juga, sepanjang penjaringan tingkat nasional, akan ada tim pemandu bakat (scout) yang terdiri dari legenda sepak bola Indonesia dan akademisi, guna melihat talenta dari para pesepakbola muda Indonesia.

Perintis GSI, Supriano menjelaskan alasan memilih Juventus sebagai klub tujuan tur pemenang GSI. Menurut dia, awalnya Kemdikbud telah memilih sejumlah klub elit Eropa, salah satunya Manchester United. Namun karena sempitnya waktu pendaftaran, yang tersisa tinggal Juventus.

“Di sana mereka akan berlatih dan bertanding. Juga, tur stadion. Mereka akan bertemu Mas Ronaldo (Cristiano Ronaldo, Red),” ujar Direktur Pembinaan SMP yang kini juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tersebut.

Rencana menerbangkan pemenang GSI ke Juventus mendapatkan apresiasi dari pelatih tim nasional Indonesia, Indra Sjafri yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Indra mengatakan, kesempatan berlatih ke klub elit Eropa menjadi trigger untuk membangkitkan gairah persepakbolaan nasional di usia dini.

“Hadiahnya sangat mengedukasi, di sana mereka akan menyaksikan bagaimana Juventus berlatih. Semoga ini (GSI) akan menjadi tulang punggung dalam menghasilkan atlet-atlet bagus,” ujar Indra.

Sementara agen pemain Eropa Dusan Bogdanovic menyampaikan, tim pemenang akan berada di Juventus selama sepuluh hari. Di sana, mereka akan menjalani tujuh kali latihan di Juventus Center, dan tiga kali pertandingan dengan akademi Si Nyonya Tua (julukan Juve, Red).

“Saya mewakili agensi yang akan membawa 25 pemain ini pada 20 November nanti ke Juventus selama sepuluh hari. Kenapa pilih Juventus, karena waktunya sangat singkat,” jelas Dusan.

TAGS : Gala Siswa Kemdikbud Juventus

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/41906/Pemenang-Gala-Siswa-Indonesia-Dibawa-ke-Juventus/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments