Take a fresh look at your lifestyle.

Pemekaran Papua Harus Bertujuan untuk Kesejahteraan Rakyat

0 4

Pemekaran Papua Harus Bertujuan untuk Kesejahteraan Rakyat

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Herman Khaeron

Jakarta, Jurnas.com – Pemekaran sebuah daerah harus melalui berbagai kajian dan perhitungan yang benar-benar matang, bukan hanya sebatas keputusan politik semata. Misalnya, wacana pemekaran di Papua harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Demikian disampaikan Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron dalam sebuah diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema “Pemekaran Papua: Sebuah Keniscayaan atau Petaka?”, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/3).

Menurutnya, Papua tentu dengan kekhasan dan kekhususannya harus melalui pertimbangan-pertimbangan yang matang bukan hanya sekedar keputusan politik, akan tetapi harus didasarkan kepada hal-hal yang tentu menjadi harapan masyarakat Papua.

“Kami sudah berdiskusi panjang bahwa pembentukan daerah otonomi baru juga memberikan perspektif pada waktu membentuk daerah otonomi baru tentu ada harapan-harapan baru atas daerah tersebut, apakah pemekaran tingkat provinsi atau kabupaten kota,” kata Herman.

Disamping itu, kata Herman, pemekaran daerah juga harus dapat disinkronkan antara pemerintahan pusat dengan aspirasi masyarakat setempat. Mengingat, pengajuan pemekaran saat ini cukup banyak yang jumlahnya mencapai ratusan.

Sehingga, lanjut Herman, cita-cita atas pemekaran daerah untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Dimana, pemekaran itu diharapkan akan menjadi sumber pendanaan baru, fiskal baru baik itu provinsi atau kabupaten kota induk maupun daerah otonomi baru.

“Karena ada banyak cara untuk bisa mensejahterakan masyarakat, ada banyak cara untuk bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, ada banyak cara untuk mendekatkan pelayanan publik, sehingga kemudian rakyat merasa bahwa pelayanan publik ini menjadi lebih baik,” kata Herman.

“Tentu sekali lagi didasarkan kepada hasil evaluasi dan penilaian, karena sangat tidak efektif kalau pemekaran hanya didasarkan kepada keputusan politik. Tetapi pemekaran harus diputuskan berdasarkan tujuan utamanya, yaitu untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi rakyat dan tentu juga mensejahterakan rakyatnya ini harus menjadi catatan utama dulu,” tegasnya.

TAGS : Warta DPR Pemekaran Papua Herman Khaeron

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68468/Pemekaran-Papua-Harus-Bertujuan-untuk-Kesejahteraan-Rakyat/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments