Take a fresh look at your lifestyle.

Pejuang HAM Pakistan Asma Jahangir Tutup Usia

0 6
Pejuang HAM Pakistan Asma Jahangir Tutup Usia

Pejuang HAM Pakistan (Upi.com)

Jakarta – Pengacara senior sekaligus pejuang hak asasi manusia asal Pakistan, Asma Jahangir meninggal pada usia 66 pada Minggu (11/02) waktu setempat.

Jahangir, yang merupakan salah satu pengkritik paling vokal dari rezim militer Pakistan dan seorang pendukung hak-hak perempuan dan minoritas, meninggal setelah mengalami serangan jantung di kota timur Lahore.

“Dia selalu berada di garis depan untuk menyerukan suara, bahkan ketika demokrasi terancam,” kata Sherry Rehman, seorang senator oposisi di Parlemen Pakistan mengatakan kepada Al Jazeera.

“Kami semua terguncang karena shock, komunitas hak asasi manusia global kehilangan salah satu wajah paling cerdas di Pakistan,” lanjutnya

Selama karir hukumnya, Jahangir memusatkan diri pada kasus diskriminasi berbasis agama dan gender serta memperjuangkan kondisi para pekerja kiln batu bata yang lebih adil di Pakistan.

Dia juga terpilih sebagai presiden Asosiasi Pengacara Mahkamah Agung Pakistan dan memegang banyak jabatan sebagai Pelapor Khusus Amerika Serikat, dan ketua Komisi Hak Asasi Manusia Pakistan.

Jahangir menghadapi ancaman pembunuhan atas kritiknya terhadap militer, intelijen dan kelompok bersenjata Pakistan, termasuk sebuah plot oleh Intelijen Antar Dinas di negara tersebut.

Dia dipenjara pada tahun 1983 karena ikut ambil bagian dalam sebuah gerakan yang menganjurkan hak asasi manusia selama rezim militer dan ditangkap pada tahun 2007 oleh pemerintah penguasa militer Pervez Musharraf.

Pakistan berduka karena kehilangan salah satu anak perempuannya yang paling berani yang memperjuangkan hak asasi manusia. Dia akan diingat sepanjang perjalanan menuju hak-hak perempuan yang lebih kuat di Pakistan,” kata Kepala Menteri Punjab Shehbaz Sharif.

Direktur jenderal Unit Reformasi Strategis Pemerintah Punjab, Salman Sufi, memuji Jahangir atas perannya yang “tidak dapat disangkal penting” dalam membangun Otoritas Perlindungan Perempuan Punjab yang mendirikan pusat untuk melindungi perempuan dari kekerasan.

Pakistan telah kehilangan pemimpinnya yang paling sengit,” kata Sufi.

TAGS : Asma Jahangir Pakistan HAM

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29078/Pejuang-HAM-Pakistan-Asma-Jahangir-Tutup-Usia/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments