Take a fresh look at your lifestyle.

PBB Umumkan Sanksi Baru Korut

0 2
PBB Umumkan Sanksi Baru Korut

Rudal Hwasong-15 milik Korea Utara yang diduga digunakan dalam peluncuran uji coba terbaru pada Rabu, 29 November 2017 (KCNA / Reuters)

New York – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dengan suara bulat memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara pada atas uji coba rudal balistik antar benua 29 November lalu, Sabtu (23/12). Sanksi tersebut membatasi Pyongyang terhadap produk minyak bumi dan minyak mentah, serta pendapatannya dari pekerja di luar negeri.

Resolusi DK yang diadopsi 15-0 melarang hampir 90 persen ekspor produk minyak sulingan ke Korea Utara, yaitu melarang 500.000 barel per tahun, dan pemulangkan pekerja Korea Utara di negeri dalam waktu 24 bulan, bukan 12 bulan seperti yang diusulkan pertama kali.

Resolusi tersebut juga mengurangi pasokan minyak mentah ke Korea Utara sebesar 4 juta barel per tahun dan akan dikurangiu lagi jika Pyongyang melakukan uji coba nuklir lagi atau meluncurkan jenis rudal lainnya.

Pada 29 November, pemerintah Korea Utara berhasil menguji ICBM terobosan baru yang mampu menempatkan daratan Amerika Serikat dalam jangkauan senjata nuklirnya. Hebanya hulu ledaknya tahan terhadap masuk kembali ke atmosfer bumi.

Ketegangan meningkat karena program nuklir dan rudal Korea Utara, yang terus bertentangan dengan resolusi DK PBB, dengan retorika perang yang berasal dari Pyongyang dan Gedung Putih.

Pada November, Korea Utara menuntut penghentian sanksi brutal. Ia mengatakan sanksi sebelumnya yang diberlakukan setelah uji coba nuklir keenam dan paling kuat pada 3 September merupakan genosida.

Diplomat Amerika Serikat menjelaskan bahwa solusi diplomatik akan membuatnya jelas. Mereka mengusulkan resolusi sanksi baru yang lebih keras untuk meningkatkan tekanan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

“Ini mengirimkan pesan yang tidak jelas kepada Pyongyang bahwa pembangkangan lebih lanjut akan mengundang hukuman dan isolasi lebih lanjut,” Nikki Haley, duta besar Amerika Serikat untuk PBB, mengatakan setelah pemungutan suara.

Misi Korea Utara ke Perserikatan Bangsa-Bangsa hingga saat ini belum memberikan komentar atas pemungutan suara tersebut. Demikian disampaikan Reuters, Sabtu (23/12).

TAGS : Korea Utara Rudal Amerika Serikat PBB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26778/PBB-Umumkan-Sanksi-Baru-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments