Take a fresh look at your lifestyle.

PBB: Sekarang Bukan Saatnya AS Hentikan Pendanaan WHO

0 4
PBB: Sekarang Bukan Saatnya AS Hentikan Pendanaan WHO

Logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menanggapi keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menghentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ia mengatakan bahwa sekarang bukan saatnya untuk menarik sumber dukungan utamanya terhadap organisasi dunia tersebut.

“Ini juga bukan saatnya untuk mengurangi sumber daya untuk operasi Organisasi Kesehatan Dunia atau organisasi kemanusiaan lainnya dalam memerangi virus,” katanya dalam sebuah pernyataan dilansir UPI, Kamis (16/04).

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, sekarang adalah waktu untuk persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja sama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan,” tambahnya.

Sebelumnya Selasa, Trump mengumumkan bahwa ia akan menarik dana WHO sebagai bagian dari tinjauan pemerintahannya terhadap tanggapan kelompok terhadap wabah COVID-19.

Dia menuduh organisasi itu salah mengatur dan menutupi penyebaran virus dan mengatakan Amerika Serikat, donor utama WHO, menuntut pertanggungjawaban penuh.

“Amerika dan dunia telah memilih untuk bergantung pada WHO untuk informasi yang akurat, tepat waktu dan independen untuk membuat rekomendasi dan keputusan kesehatan masyarakat yang penting,” kata Trump.

“Jika kita tidak dapat percaya bahwa ini adalah apa yang akan kita terima dari WHO, negara kita akan dipaksa untuk menemukan cara lain untuk bekerja dengan negara lain untuk mencapai tujuan kesehatan masyarakat.”

Keputusan itu disambut dengan kritik tajam dari Presiden Asosiasi Medis Amerika Patrice Harris dan miliarder filantropis Bill Gates.

“Menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia selama krisis kesehatan dunia sama berbahayanya dengan kedengarannya,” kata Bill Gates dalam akun medsos pribadinya.

“Pekerjaan mereka memperlambat penyebaran COVID-19 dan jika pekerjaan itu dihentikan tidak ada organisasi lain yang bisa menggantikannya. Dunia membutuhkan @WHO sekarang lebih dari sebelumnya,” tambahnya.

TAGS : Lembaga PBB Amerika Serikat WHO

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70671/PBB-Sekarang-Bukan-Saatnya-AS-Hentikan-Pendanaan-WHO/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments