Take a fresh look at your lifestyle.

PBB Kompak Kecam Rudal Balistik Korut

0 1
PBB Kompak Kecam Rudal Balistik Korut

Pertunjukan rudal balistik Korea Utara

Jakarta – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa dengan suara bulat mengecam penembakan rudal balistik Korea Utara yang mengudara di atas awan Jepang pada Selasa pagi (29/8). Mereka menyebutnya sebagai ancaman keterlaluan dan menuntut Pyongyang melepaskan semua senjata nuklir dan programnya.

Diktuip dari Al jazeera pada Rabu (30/8), dalam sebuah pernyataan, 15 anggota PBB mendesak Korea Utara berhenti melakuka provokasi dan meminta semua negara menekan Pyongyang.

Selain itu, dewan tersebut juga menyatakan komitmennya terhadap solusi damai, diplomatik dan politis.

”Dewan Keamanan menekankan, tindakan DPRK (Korea Utara) ini tidak hanya merupakan ancaman bagi wilayah tersebut, namun juga untuk semua negara anggota PBB,” kata pernyataan tersebut, yang dikeluarkan setelah perundingan tertutup di markas besar PBB.

”Dewan Keamanan mengungkapkan keprihatinannya yang serius, DPRK melakukan peluncuran nuklir yang melintas di atas awan Jepang serta tindakan dan pernyataan publiknya baru-baru ini, dengan sengaja merusak perdamaian dan stabilitas regional.”

Sanksi yang disusun AS tersebut, yang disepakati oleh konsensus, tidak mengancam sanksi baru terhadap Korut. Sementa, Diplomat mengatakan anggota dewan yang memiliki hak veto China dan Rusia hanya bergerak bila uji coba itu rudal jarak jauh.

Dewan Keamanan awal bulan ini dengan suara bulat memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara yang dapat memangkas sepertiga dari pendapatan ekspor tahunan sebesar USD3 miliar atau Rp39 triliun setelah melakukan peluncuran rudal jarak jauh pada bulan Juli.

Mike Hanna dari Al Jazeera, yang melaporkan dari markas besar PBB di New York, mengatakan, China – sekutu dan tetangga dekat Korea Utara – telah menyetujui pernyataan tersebut, mereka juga mengkritik latihan militer AS-Korea Selatan yang terus berlanjut yang menurut Korea Utara ancaman.

”Jadi, sementara China menyetujui  mengutuk Korea Utara dan juga menyetujui menerapkan sanksi PBB terhadap negara tersebut, China juga menyatakan ada tugas lain yang dapat dilakukan beberapa anggota dewan Dewan Keamanan untuk membantu meredakan situasi tersebut di wilayah itu,” kata Hanna.

”Tapi secara umum, sinyal yang jelas dari kesatuan Dewan Keamanan, China  mengkonfirmasi akan membantu memberlakukan eksekusi sanksi yang telah dilakukan, dan ini adalah isu penting,” katanya.

TAGS : PBB Korea Utara Rudal

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20958/PBB-Kompak-Kecam-Rudal-Balistik-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments