Patrialis Akui Uang 10.000 Dollar AS dari Kamaludin untuk Umrah

Patrialis Akui Uang 10.000 Dollar AS dari Kamaludin untuk Umrah

Patrialis Akbar

Jakarta – Mantan Hakim Konstitusi, Patrialis Akbar mengaku pernah menerima uang uang 10.000 dollar AS dari kolega dekatnya, Kamaludin. Uang itu, diakui Patrialis, digunakannya untuk keperluan umrah.

Hal terungkap saat Patrialis bersaksi untuk terdakwa Basuki Hariman dan Ng Fenny di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/7/2017). Patrialis membantah uang itu berasal dari Basuki. Patrialis mengklaim uang itu diberikan oleh Kamaludin sebagai pengembalian utang.

“Waktu dia serahkan uang, saya tanya, ini bayar utang kan? Lalu dia jawab, iya bayar utang,” kata Patrialis saat bersaksi.

Lebih lanjut Patrialis menjelaskan soal hutang piutang tersebut. Awalnya, kata Patrialis, dirinya bercakap-cakap dengan Kamaludin seputar rencana kegiatan di akhir tahun pada pertengahan Desember 2016. 

Patrialis saat itu mengatakan kepada Kamaludin ingin pergi umrah. Sementara, Kamaludin mengutarakan rencananya untuk bepergian ke luar negeri bersama keluarga.

“Saya bilang, wah Antum sudah banyak duit dong? Kalau begitu utang dibayar dong,” ujar Patrialis kepada Kamaludin.

Saat itu, lanjut Patialis, Kamaludin menyatakan akan mengusahakan untuk membayar hutangnya sebesar Rp 120 juta. Pada 23 Desember 2016, kata Patrialis, Kamaludin kemudian menyerahkan uang 10.000 dollar AS kepadanya. Patrialis mengklaim memiliki bukti terkait piutang tersebut.

“Saya pun punya bukti transfer uang kepada Kamal,” tandas Patrialis.

Dalam surat dakwaan jaksa, Patrialis disebut menerima uang 10.000 dollar AS dari pengusaha impor daging, Basuki Hariman pada Desember 2016. Uang itu disebut untuk membiayai keperluan umrah Patrialis.

Sementara itu, Kamaludin disebut pernah meminta uang kepada Basuki untuk dua keperluan. Pertama, Kamaludin membutuhkan uang untuk keperluan berlibur bersama keluarga. Selain itu, uang untuk keperluan umrah Patrialis Akbar.

Kamaludin dalam persidangan beberapa waktu lalu membenarkan bahwa dari uang sebesar 20.000 dollar AS yang ia terima dari Basuki, sebesar 10.000 dollar AS akan digunakan untuk umrah Patrialis. Menurut Kamaludin, rencana umrah itu bahkan pernah dibicarakan mereka berdua.

TAGS : PAtrialis akbar korupsi MK

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18303/Patrialis-Akui-Uang-10000-Dollar-AS-dari-Kamaludin-untuk-Umrah/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz