Take a fresh look at your lifestyle.

Parpol Koalisi: Pilpres Kawan, Pileg Lawan

0 4
Parpol Koalisi: Pilpres Kawan, Pileg Lawan

partai politik/PM

Jakarta – Pelaksanaan Pemilu 2019 yang digelar secara serentak antara Pilpres dan Pileg, terpaksa membuat partai politik (Parpol) yang ada dalam koalisi harus menjadi kawan dan lawan.

Demikian disampaikan Direktur Sinergi masyarakat untuk demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin, kepada Jurnas.com, Jakarta, Senin (12/11).



Menurutnya, partai koalisi harus saling mendukung untuk memenangkan pasangan capres-cawapres yang diusung pada Pilpres 2019. Disisi lain, seluruh calon anggota legislatif (Caleg) harus saling bersaing untuk memperebutkan kursi di DPR.

“Ketika didalam Pilpres sesama parpol koalisi perlu saling mendukung dan menjadi kawan guna meraih kursi eksekutif, di Pileg mereka justru harus saling bersaing sebagai lawan untuk memperebutkan kursi legislatif,” kata Said.

Apalagi, kata Said, tidak semua partai koalisi menerima dampak yang positif atas pasangan capres-cawapres yang didukung. Menurutnya, hal itu tentu mempersulit partai yang tidak ada kader yang maju sebagai capres dan cawapres.

“Nah, itu kan situasi yang rumit bagi parpol koalisi, terutama bagi parpol yang tidak berhasil mendudukan kadernya sebagai capres atau cawapres,” katanya.

Untuk itu, lanjut Said, Partai Demokrat mengambil strategi dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2019. Dimana, Demokrat meminta kepada kadernya untuk mengkampanyekan keberhasilan 10 tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Atas alasan itulah saya kira Demokrat merasa perlu merancang strategi tersendiri, yang mereka nilai akan efektif untuk memperbesar peluang meraup lebih banyak kursi di Pemilu legislatif,” katanya.

“Sudah barang tentu, hanya pencapaian-pencapaian terbaik dari SBY saja yang akan mereka ingatkan kembali kepada Pemilih, guna dibandingkan dengan kinerja pemerintahan saat ini,” tegasnya.

Sayangnya, kata Said, tidak semua parpol yang tergabung dalam dua koalisi bisa meniru siasat Demokrat. “Sebab, parpol-parpol itu tidak pernah punya kader yang menjadi Presiden. Paling mentok kan cuma menteri saja,” demikian Said.

TAGS : Pemilu 2019 Partai Koalisi Kampanye Pilpres

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43767/Parpol-Koalisi-Pilpres-Kawan-Pileg-Lawan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments