Take a fresh look at your lifestyle.

Pakar Terorisme Ungkap Cara Kerja ISIS di Eropa

0 6
Pakar Terorisme Ungkap Cara Kerja ISIS di Eropa

Kelompok ISIS

Berlin – Seorang pakar terorisme dan Islamisme, Sigrid Herrmann-Marshall mengatakan Jerman saat ini darurat terorisme. Demikian disampaikan menyusul penangkapan seorang yang diduga merencanakan serangan teror di negara tersebut.

“Daesh (Islamic State Iraq and Syria, Red) memiliki agen perjalanan sendiri di Eropa, salah satunya beroperasi di kota Duisburg. Dengan bantuan agen semacam itu, mudah mengirim pejuang Daesh dari Jerman ke Timur Tengah dengan kedok perjalanan wisata,” kata Herrmann-Marshall, dilsansir dari Sputnik, Selasa (26/12).

Menurut dia, anggota Daesh memenuhi berbagai tugas di dalam organisasi teroris tergantung pada kemampuan pribadi mereka.

“Menurut saya, ada yang terlibat dalam kegiatan pemasaran. Kemudian yang lainya sebagai rekrutmen dan penanggung jawab keuangan,” ujar Herrmann-Marshall.

Baru-baru ini, seorang milisi Kurdi menahan seorang propagandis Daesh Jerman berusia 34 tahun, Oguz G., di Suriah. Ia bekerja sebagai desainer grafis dan menyebarkan propaganda jihad di berbagai media sosial.

Menurut laporan, ia diduga telah melakukan kontak dengan Abu Walaa yang diyakini sebagai pengkhotbah Daesh nomor satu di Jerman.

Menurut Hermann-Marshall, Abu Walaa berhasil mengatur seluruh jaringan Islam di Jerman. “Ia berhasil mengumpulkan banyak orang dan mengaturnya dengan sangat baik,” kata analis tersebut

Ia mengatakan bahwa Walla berhasil mengatur banyak perjalanan teroris dari Jerman ke Syria dan menyebut praktik tersebut sulit dibayangkan. “Saya tidak mengerti bagaimana intelijen tidak memperhatikan hal ini. Adakah surveilans sama sekali?” tanya peneliti.

Jerman  berada dalam peringatan teror di tengah serangkaian serangan teror yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, yang paling mematikan adalah sebuah serangan truk di sebuah pasar Natal Berlin pada tahun 2016.

Ancaman teror potensial meningkat dalam beberapa hari terakhir di Berlin ketika polisi menahan seorang pria Jerman berusia 29 tahun di kota Karlsruhe, yang  mendukung Daesh sejak tahun 2015 dan diduga merencanakan sebuah serangan truk di pusat kota.

Sebelumnya, media mengungkapkan bahwa Jaksa Penuntut Umum Jerman membuka lima kali lebih banyak kasus yang berkaitan dengan terorisme pada 2017 daripada tahun sebelumnya.

Pada 2017, sebanyak 1.200 kasus terkait teror dibuka dengan sekitar 1.000 di antaranya terkait dengan Islamisme. Pada 2016, Jaksa Penuntut Umum hanya membuka 250 kasus terkait teror dengan sekitar 200 di antaranya berurusan dengan Islamisme, kata beberapa laporan.

TAGS : ISIS Eropa Jerman Herrmann-Marshall

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26885/Pakar-Terorisme-Ungkap-Cara-Kerja-ISIS-di-Eropa/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments