Take a fresh look at your lifestyle.

Nyaris 40 Tahun Menjabat, Mugabe Akhirnya Mengundurkan Diri

0 4
Nyaris 40 Tahun Menjabat, Mugabe Akhirnya Mengundurkan Diri

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe (Foto: AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

Harare  – Setelah nyaris 40 tahun menjababat sebagai Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe akhirnya mendurkan diri pada Selasa (21/11). 

Menurut laporan BBC, Rabu (21/11) keputusan tersebut bersifat sukarela. Demikian sepucuk surat dari Mugabe yang dibacakan oleh pembicara parlemen. 

Mugabe yang 93 tahun sempat bertahan selama seminggu setela tentara mengambil alih kekuasaannya. Kemuadian dari partai ZANU-PF mendesaknya untuk keluar dari jabatan tersebut. Ia akhirnya mengundurkan setelah parlemen memulai proses impeachment, satu-satunya cara legal untuk memaksanya berhenti.

Sekretaris hukum partai berkuasa ZANU-PF, Patrick Chinamasa, Mantan wakil presidennya, Emmerson Mnangagwa, yang dipecat bulan ini mendorong pengambilalihan militer yang memaksa Mugabe keluar, akan dilantik sebagai presiden pada Rabu (22/11) atau Kamis (23/11)

Kepada Reuters, Camat pimpinan ZANU-PF Lovemore Matuke mengatakan, Mnangagwa akan dilantik dalam waktu 48 jam dan menjalani masa jabatan Mugabe sampai pemilihan berikutnya hingga September 2018.

Mnangagwa yang berusia 75 tahun yang melarikan diri dari Zimbabwe setelah dipecat karena takut keamanannya, adalah seorang letnan utama Mugabe selama puluhan tahun dan dirinya sendiri dituduh ikut dalam represi.

Reuters melaporkan pada September, Mnangagwa merencanakan untuk menggantikan Mugabe, dengan dukungan tentara, sebagai pimpinan koalisi yang luas untuk mengupayakan keterlibatan Zimbabwe kembali dengan dunia setelah berpuluh-puluh tahun terisolasi dari kreditor dan donor global.

Ia dijuluki “Ngwena”, atau buaya dalam bahasa Shona, binatang yang terkenal dalam pengetahuan Zimbabwe karena stealth dan kekejamannya, Mnangagwa mengeluarkan sebuah pernyataan dari persembunyian pada Selasa yang meminta warga Zimbabwe untuk bersatu untuk membangun kembali negara tersebut.

Sebelumnya, tentara merebut kekuasaan di wilayah tersebut setelah Mugabe memecat Mnangagwa, favorit ZANU-PF untuk menggantikannya, dalam upaya mendukug istrinya Grace yang berusia 52 tahun yang dikenal  “Gucci Grace” karena kegemarannya mengoleksi barang-barang mewah untuk mengatikannya nanti.

Sejumlah orang-orang menari-nari di jalan-jalan Harare dan klakson mobil meraung mendengar berita bahwa era Mugabe yang memimpin Zimbabwe sejak kemerdekaan pada tahun 1980 akhirnya berakhir. 

TAGS : Zimbabwe Robert Mugabe Emmerson Mnangagwa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25140/Nyaris-40-Tahun-Menjabat-Mugabe-Akhirnya-Mengundurkan-Diri/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments