Take a fresh look at your lifestyle.

NU Banyumas Minta Nahdliyin Dukung Mardjoko-Ifan Haryanto

0 5
NU Banyumas Minta Nahdliyin Dukung Mardjoko-Ifan Haryanto

Pasangan calon bupati Banyumas Mardjoko-Ifan Haryanto.

Purwokerto – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyumas meminta kaum nahdliyin memilih pasangan calon bupati dan wakil bupati Mardjoko-Ifan Haryanto dalam Pilkada yang akan digelar 27 Juni nanti. Ini dilakukan karena Mardjoko-Ifan dianggap berkomitmen mendukung program-program NU.

“Kami merekomendasikan kepada warga NU agar memilih calon yang telah melakukan proses dengan Tim Syiyasah sekaligus berkomitmen untuk mengemban amanah sesuai dengan kriteria yang telah disepakati beberapa waktu lalu,” kata Juru Bicara Tim Siyasah PCNU Banyumas KH Moh Roqib di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (23/05/2018).



Ia mengatakan Tim Siyasah PCNU Banyumas telah melakukan proses dengan seluruh pasangan calon, yakni pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto dan pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono.

Menurut dia, proses itu dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang kemungkinan muncul dari warga NU (nahdliyin) terkait dengan pasangan calon yang akan mereka pilih saat Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyumas 2018.

Oleh karena itu, kata dia, Tim Siyasah bertugas menghimpun berbagai macam aspirasi dan informasi yang selanjutnya dibahas dengan beberapa kalangan, termasuk para kiai, guna menentukan pasangan calon yang sekiranya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh NU.

“Kriterianya antara lain memiliki komitmen untuk membangun kesejahteraan bagi warga Banyumas, khususnya warga NU. Selain itu, memiliki perhatian serius terhadap pendidikan di pondok pesantren, madrasah diniyah, dan majelis taklim,” katanya.

Roqib mengatakan pihaknya sudah menawarkan kriteria-kriteria tersebut kepada seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada Banyumas 2018.

Dia mengakui jika di media sosial banyak beredar pernyataan Tim Siyasah PCNU terkait dengan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang direkomendasikan untuk dipilih oleh nahdliyin saat Pilkada Banyumas.

“Yang merespons dan akhirnya punya dukungan riil politik adalah Pak Mardjoko. Kalau Pak Husein seperti halnya dalam pernyataan (yang beredar di media sosial) itu lebih memilih untuk mencari kader PDIP, jadi kader PDIP bersama kader PDIP,” katanya.

Ia mengatakan Mardjoko saat pencalonannya sebagai bupati meminta kader NU sebagai calon wakil bupati pendampingnya, yakni Ifan Haryanto.

Dalam hal ini, pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto merupakan hasil penjaringan PKB yang didukung dengan koalisi bersama Partai Golkar, PPP, PKS, dan Partai Gerindra.

Roqib mengatakan Tim Siyasah telah melakukan upaya untuk mendukung proses pendidikan politik bagi warga NU karena berdasarkan survei, anggotanya lebih banyak dibanding organisasi lain.

“Kalau konteksnya Banyumas, warga NU sekitar 63-74 persen. Ini berdasarkan survei yang pernah dilakukan oleh Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto),” katanya.

Akan tetapi selama ini, kata dia, suara warga NU belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga cenderung memicu kekecewaan. (Ant) 

 

TAGS : Pilkada Banyumas PCNU

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34971/NU-Banyumas-Minta-Nahdliyin-Dukung-Mardjoko-Ifan-Haryanto/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments