Take a fresh look at your lifestyle.

Ngotot Dukung Israel, Amerika Veto Resolusi PBB

0 7
Ngotot Dukung Israel, Amerika Veto Resolusi PBB

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley (Foto: Financial Tribune)

Jakarta – Amerika Serikat memblokir sebuah resolusi PBB yang mengecam keputusan Presiden Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dewan Keamanan PBB beranggotakan 15 orang memilih resolusi tersebut dengan suara 14-1, namun Amerika Serikat menggunakan hak veto tersebut . Duta Besar AS Nikki Haley menggambarkan keputusan Trump sebagai “pengakuan AS yang jelas.”

Pada 6 Desember lalu, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Resolusi satu halaman yang disusun oleh Mesir menuntut semua negara mematuhi resolusi Dewan Keamanan mengenai Kota Suci Yerusalem, dan tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan resolusi tersebut. Ini juga menegaskan kembali pandangan dewan bahwa tidak ada negara yang harus mendirikan sebuah kedutaan di Yerusalem dan status Yerusalem adalah sebuah isu yang harus diselesaikan oleh Israel dan Palestina. Yerusalem adalah masalah status akhir yang harus diselesaikan melalui negosiasi.

Haley mengkritik resolusi tersebut sebagai “penghinaan,”. Menurutnya, sebuah negara berdaulat memiliki hak untuk memutuskan tempat untuk menempatkan kedutaannya. “Dikubur dalam jargon diplomatik, beberapa orang tak harus memberitahu Amerika ke mana harus menempatkan kedutaan besarnya,” kata Haley dikutif UPI.

Duta Besar Prancis untuk PBB Francois Delattre bergabung dengan anggota non-AS lainnya dalam memberikan suara untuk memilih resolusi tersebut. “Israel adalah kunci perdamaian antara Israel dan Palestina,” kata Delattre. “Rancangan Mesir ini hanya menegaskan kembali dasar konsensus internasional, hukum internasional.”

Duta Besar Inggris untuk PBB Matthew Rycroft juga setuju dengan bahasa resolusi tersebut dan menambahkan bahwa Inggris tidak memiliki rencana untuk mengubah lokasi kedutaannya. “Pandangan kami adalah bahwa isu Yerusalem adalah masalah status akhir, bahwa Yerusalem harus menjadi modal bersama bagi orang Israel dan orang-orang Palestina, dan Kedutaan Besar Inggris, untuk saat ini, akan tetap berada di Tel Aviv,” kata Rycroft.

TAGS : Amerika Serikat PBB Yerusalem

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26563/Ngotot-Dukung-Israel-Amerika-Veto-Resolusi-PBB/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments