Take a fresh look at your lifestyle.

Netanyahu Girang Guatemala Akui Yerusalem

0 4
Netanyahu Girang Guatemala Akui Yerusalem

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Guatemala City –  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Presiden Guatemala Jimmy Morales. Ia mengatakan semoga Tuhan memberkati Anda. Demikian disampaikan setelah memutuskan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem mengikuti jejak Amerika Serikat.

Pada Minggu (24/12), Morales melalui akun Facebook-nya mencurahkan keinginannya untuk memindahkan kedutaannya  dari Tel Aviv ke Yerusalem setelah melakukan komunikasi dengan Netanyahu via telfon.

“Tuhan memberkati Anda, teman saya, Presiden Jimmy Morales, Tuhan memberkati kedua negara kita, Israel dan Guatemala,” kata Netanyahu  dalam pertemuan mingguan fraksi partai Likud di parlemen, dilansir dari Reuters, Senin (25/12).

Belum pasti kapan rencana pemindahan tersebut. Namun, Duta Besar Israel untuk Guatemala, Matty Cohen, mengatakan di Radio Angkatan Darat, kemungkinan setelah Amerika Serikat memindahkan kedutaannya sendiri ke Yerusalem

Guatemala dan negara tetangga Honduras adalah dua dari tujuh negara yang bergabung dengan Israel dan Amerika Serikat menolak resolusi PBB. Mereka berjanji untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Pada Kamis, 128 negara  mendukung resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang tidak mengikat yang meminta Amerika Serikat untuk menolak pengakuan Trump terhadap Yerusalem

Sehari sebelum pemungutan suara, Amerika Serikat merupakan sumber bantuan penting bagi Guatemala dan Honduras. Sebelumnya Trump mengancam akan memotong bantuan keuangan ke negara-negara yang mendukung resolusi PBB

Status Yerusalem adalah salah satu hambatan paling kuat dalam kesepakatan damai Israel-Palestina. Warga Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibukota sebuah negara yang ingin mereka bangun di Tepi Barat yang diduduki dan di Jalur Gaza. 

TAGS : Benjamin Netanyahu Israel Guatemala Yerusalem

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26882/Netanyahu-Girang-Guatemala-Akui-Yerusalem/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments