Minyak Zaitun Kurangi Angka Kematian Akibat Kanker

Minyak Zaitun Kurangi Angka Kematian Akibat Kanker

Iliustrasi Minyak Zaitu untuk kesehatan

Jakarta- Riset terbaru  the University of Glasgow menyatakan,  minyak zaitun yang virgin atau dapat mengurangi risiko penyakait jantung. Para peneliti menggunakan 63 sukarelawan, usia antara  18 hingga 75 tahun. Mereka  tidak mengkonsumsi minyak zaitun.
 
Kemudian para sukarelawan secaran random dibagi dua kelompok,  kelompok pertama mengkonsumsi 20 ml minyak zaitun yang virgin  dengan phenol tinggi. Sedangkan kelumpok lainnya mengkonsumsi 20 ml minyak zaitun dengan rendah phenols.  Setelah 3 minggu , sampel urin mereka menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung koroner.    

Sebelumnya 16 pakar kedokteran terkenal di dunia berkumpul di Roma  membicarakan tentang minyak zaitun. Mereka sebelumnya telah melakukan pada pasien yang diberikan minyak zaitun. Dipertemuan itu mereka sepakat, bahwa mengkonsumsi minyak zaitun melindungi tubuh  bisa dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas, di samping minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker.

Kurangi Serangan Kanker
Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak, di samping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, dan kol.

Cegah Timbulnya Kanker
Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis, ia berkata, “Pengkonsumsian minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.”

Terlindung dari Serangan Kanker Payudara
Sebuah studi  pada 2.564 wanita yang terkena kanker payudara, menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengonsumsian minyak zaitun, dan bahwa banyak mengonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine  menegaskan bahwa pengkonsumsian sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45 persen.

Kurangi Jumlah Penderita Kanker Rahim
Majalah Kanker Britania  mencatat telah  dilakukan penelitian terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26 persen.

Kurangi Terjadinya Kanker Lambung
Sejumlah studi ilmiah modern menunjukkan, mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat mengurangi terjadinya kanker lambung. Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan tentang hal ini.

Lindungi Tubuh dari Serangan Kanker Colon
Ada juga beberapa studi menunjukkan bahwa pengonsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon.

Lindungi Terjadinya Kanker Kulit
Majalah Dertmatdogg Times   menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma).

Kurangi Kolesterol Berbahaya
Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyi-sakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

Lindungi Penyakait Radang Sendi
Majalah AMJ CLIN NUTR  mempublikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian semacam arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengonsumsian minyak zaitun bisa memberikan andil dalam melindungi tubuh dari terjadinya penyakit ini.

Turunkan Angka Kematian
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst Albania  memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian di negeeri itu. Angka kematian di Albania di kalangan pria 41 orang dari setiap 100.000 orang, separoh dari keadaan di Inggris. Ini karena mereka mengonsumsi minyak zaitun.

Kurangi Pemakaian Obat-obatan Penurun Hipertensi
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Aldovaroro di Universitas Napoli, Italia, terhadap 32 pasien yang terkena penyakit tekanan darah tinggi dan mereka itu mengkonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi.

Hasil studi menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin di kalangan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun.

Kurangi Timbulnya Tukak Lambung
Dr. Samut dari Universitas Harvard, AS, menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan di Amerika   Dr. Samût menegaskan, gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa berpengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

Berkhasiat Seperti ASI
Universitas Barcelona, Spanyol, melakukan penelitian terhadap 40 wanita menyusui, diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan, kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.* AN.

TAGS : Minyak Zaitun Kesehatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/17436/Minyak-Zaitun–Kurangi-Angka-Kematian-Akibat-Kanker/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz