Take a fresh look at your lifestyle.

Militer AS Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik

0 8
Militer AS Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik

Rudal hipersonik diluncurkan dari Pacific Range Rudal Facility, Kauai, Hawaii, pada 19 Maret 2020. (Foto: Angkatan Laut AS)

Washington, Jurnas.com – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan sudah berhasil menguji rudal hipersonik tanpa senjata, yang berpotensi membanjiri sistem pertahanan rudal lainnya.

Pentagon mengatakan pada Jumat (20/3) waktu setempat bahwa tes itu dilakukan dengan sukses pada Kamis (29/3) di negara bagian Hawaii, AS, yang terletak di Samudra Pasifik.

Rudal tersebut terbang di sepanjang atmosfer dengan kecepatan hipersonik, yang lebih dari lima kali kecepatan suara, ke titik tumbukan yang ditentukan.

“Hari ini kami memvalidasi desain kami dan sekarang siap untuk bergerak ke fase berikutnya menuju menerjunkan kemampuan serangan hipersonik,” kata Direktur Program Sistem Strategis Angkatan Laut AS, Wakil Laksamana Johnny Wolfe dalam sebuah pernyataan.

Pentagon, yang menguji coba rudal serupa pada tahun 2017, memiliki tujuan menerjunkan teknologi hipersonik pada awal hingga pertengahan 2020-an.

Senjata hipersonik  dapat melakukan perjalanan jauh lebih cepat daripada rudal balistik dan pelayaran saat ini, di ketinggian yang berbeda dan dengan kemampuan manuver yang membuatnya sulit dilacak dan ditargetkan dengan sistem pertahanan rudal saat ini.

Baik Rusia dan China sedang mengembangkan kemampuan militer yang sama ketika mereka berusaha untuk menerjunkan teknologi dan mengikis dominasi militer Amerika.

Pada Desember, Rusia mulai mengoperasikan rudal hipersonik baru miliknya, Avangard. China juga berinvestasi secara signifikan dalam pengembangan kendaraan hipersonik meluncur.

Rusia berencana memodernisasi senjata strategis dan konvensionalnya sebagai reaksi atas ancaman Presiden AS, Donald Trump untuk mundur dari perjanjian Pasukan Nuklir Jangka Menengah (INF) era Soviet, yang melarang kedua belah pihak mengembangkan sistem rudal berbasis darat mulai dari 310 hingga 3.400 mil.

TAGS : Rudal Hipersonik Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/69303/Militer-AS-Klaim-Berhasil-Uji-Coba-Rudal-Hipersonik/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments