Take a fresh look at your lifestyle.

Mike Pompeo Bertekad Rekatkan Negara Teluk "Lawan" Iran

0 4
Mike Pompeo Bertekad Rekatkan Negara Teluk "Lawan" Iran

Mike Pompeo konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir selama kunjungannya ke Arab Saudi (Foto: EPA/Ahmed Yosri)

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menyerukan persatuan di wilayah Teluk. Itu disampaikan selama kunjungan ke Arab Saudi, yang merupakan perjalanan luar negeri pertamanya sebagai diplomat utama AS.

Pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir pada Minggu (29/4), Pompeo mengatakan, “Kesatuan Teluk diperlukan dan kita perlu mencapainya.”

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir, memotong hubungan diplomatik, perdagangan dan perjalanan dengan Qatar hampir satu tahun lalu menyusul tuduhan negara itu mendukung “terorisme”. Meski Doha membantah keras tuduhan tersebut.

Sebelum kunjungan Pompeo, para pejabat AS mengatakan kepada wartawan bahwa menteri luar negeri AS akan mendesak Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan Raja Salman untuk menyelesaikan krisis Teluk pada pertemuan Sabtu dan Minggu.

Presiden AS Donald Trump pada awalnya tampil mendukung inisiatif yang dipimpin Saudi, sementara pendahulu Pompeo, Rex Tillerson yang baru-baru ini dicopot, menyalahkan Arab Saudi dan sekutu-sekutunya atas kebuntuan dalam menyelesaikan krisis.

Para pejabat mengatakan Pompeo menyerukan diakhirinya blokade karena AS yakin itu telah memungkinkan Iran mengeksploitasi perpecahan di Teluk dengan meningkatkan pengaruhnya di Yaman dan Suriah, kantor berita Associated Press melaporkan.

Ditempat yang sama, Jubeir menyebut  mengatakan AS dan Arab Saudi memiliki “pandangan yang sama” pada “tantangan” regional, termasuk perilaku Iran di kawasan itu.

Ia juga menyerukan pemeriksaan ekstra dari situs nuklir Iran dan menjatuhkan sanksi baru pada negara itu karena “melanggar hukum internasional”.

Pompeo tiba di Riyadh tepat serangan rudal pemberontak Houthi yang menewaskan satu orang di Jizan, selatan Arab Saudi, pada Sabtu (28/4). Para pejabat senior AS menyalahkan Iran karena menyelundupkan rudal ke Yaman.

TAGS : teluk Amerika Serikat Arab Saudi Iran

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33436/Mike-Pompeo-Bertekad-Rekatkan-Negara-Teluk-Lawan-Iran/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments