Take a fresh look at your lifestyle.

Menlu Turki Anggap Umat Muslim Takut pada AS

0 5
Menlu Turki Anggap Umat Muslim Takut pada AS

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Ankara – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengkritik negara-negara Muslim karena gagal menunjukkan sikap tegas terhadap keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump usai mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ia menyebut mereka takut kepada Amerika Serikat.

“Beberapa negara menunjukkan respon yang sangat lemah. Tampaknya mereka sangat pemalu, karena keputusan tersebut berasal dari Amerika Serikat,” kata Menteri kepada penyiar NTV pada Selasa (12/12),

“Negara-negara (Muslim) tersebut takut menantang Amerika Serikat dan dan mentalitas adidayanya,” sambunya, dilansir dari RT, Rabu (13/12)

Pernyataan itu disampaikan menjelang pertemuan tingkat tinggi dan pertemuan penting Organisasi Kerjasama Islam (OKI) terkait Yerusalem, yang dijadwalkan berlangsung di Istanbul pada Rabu. Beberapa negara, seperti Mesir dan Uni Emirat Arab diakabarkan hanya mengutus menteri luar negeri ke pertemuan tersebut, menurut Cavusoglu, sementara Arab Saudi dan beberapa lainnya masih belum memutuskan bagaimana mereka akan berpartisipasi.

“Beberapa negara di dunia Islam dalam keadaan takut. Siapa atau apa yang Anda takutkan? Jika kita tidak melindungi Yerusalem hari ini, kapan kita akan melindunginya? Jika kita tidak bisa membela Yerusalem, satu dari tiga kota suci di Islam, apa yang bisa kita pertahankan?” tanya Cavusoglu 

“Banyak negara non-Muslim, Uni Eropa dan bahkan Yahudi di seluruh dunia menyatakan penolakan yang jauh lebih kuat terhadap pergerakan Amerika Serikat daripada beberapa negara Muslim,” tambah Cavusoglu.

Menteri tersebut berjanji untuk membuat pernyataan berani pada pertemuan OKI dan membuat Amerika Seriakt mundur dari keputusan di Yerusalem, mendesak negara-negara yang belum mengakui Palestina untuk melakukannya.

Pada Minggu, Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan kasar mengkritik Israel. Ia mencapnya sebagai negara teroris  dan menyebut orang-orang Palestina sebagai korbannya. Erdogan berjanji akan melawan keputusan Trump dan tidak meninggalkan Yerusalem di tangan sebuah negara yang membunuh anak-anak.

TAGS : Yerusalem Turki Israel Amerika Serikat OKI

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26238/Menlu-Turki-Anggap-Umat-Muslim-Takut-pada-AS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments