Take a fresh look at your lifestyle.

Menlu AS Bantu Kuwait Akhiri Krisis GCC

0 2
Menlu AS Bantu Kuwait Akhiri Krisis GCC

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson tiba di Kuwait (Foto: AFP)

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson tiba di Kuwait pada awal kunjungan empat hari ke Kuwait, Qatar dan Arab Saudi untuk membantu mencari penyelesaian krisis Teluk yang sedang berlangsung.

Pada Senin (10/7) malam, Tillerson bertemu dengan Emir Kuwait, Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah dan pejabat senior Kuwait lainnya untuk membahas upaya menyelesaikan sengketa Teluk tersebut.

“Kami mencoba untuk menyelesaikan masalah yang tidak hanya menyangkut kita tapi seluruh dunia,” kata Sheikh Sabah kepada diplomat AS yang berkunjung, dikutip Al Jazeerah pada Senin (10/7)

Pejabat AS mengatakan, Tillerson tidak mengharapkan terobosan segera, yang mereka peringatkan bisa berbulan-bulan lagi. Sebaliknya, ia ingin mengeksplorasi kemungkinan untuk memicu perundingan.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar pada 5 Juni dan memberlakukan blokade darat, udara dan laut di negara tersebut.

Kuartet tersebut menuduh Qatar mendanai terorisme, sebuah tuduhan yang ditolak Qatar sebagai tidak berdasar. Pada 22 Juni, keempat negara tersebut mengeluarkan 13 butir daftar tuntutan, termasuk penutupan Al Jazeera, yang membatasi hubungan dengan Iran dan mengusir tentara Turki yang ditempatkan di negara tersebut, sebagai prasyarat untuk mencabut sanksi tersebut.

Kuwait masih berusaha menengahi perselisihan tersebut. AS mendukung upaya mediasi Kuwait, namun perjalanan Tillerson menandai tingkat keterlibatan AS yang baru.

Al Jazeera Rosiland Jordan, yang melaporkan dari Kuwait City, mengatakan Tillerson pada dasarnya mengunjungi masing-masing pihak untuk “mengambil suhu dalam perselisihan ini”.

“Setelah beberapa kesalahan awal Gedung Putih, di mana presiden tampaknya berpihak pada Saudi, posisi AS sekarang adalah mencoba untuk menopang upaya Kuwait untuk menengahi krisis dan untuk mencoba menghadirkan beberapa tekanan Dari Washington, jika itu sesuai, “katanya.

TAGS : Amerika Serikat Kuwait Qatar Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18644/Menlu-AS-Bantu-Kuwait-Akhiri-Krisis-GCC/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments