Take a fresh look at your lifestyle.

Menhan AS Tetiba Kunjungi Lokasi Agen Oranye

0 3
Menhan AS Tetiba Kunjungi Lokasi Agen Oranye

Menhan AS Jim Mattis

Washington – Situs warisan Agen Oranye akan menjadi salah satu tujuan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Jim Mattis, saat berkunjung ke Vietnam, Rabu (17/10).

Agen Oranye yang berlokasi di Bien Hoa, merupakan julukan yang diberikan untuk senjata herbisida dan defoilan AS saat Perang Vietnam pada 1961 silam.



Racun biologis ini bertanggung jawab atas kelahiran cacat mental dan fisik, serta kanker yang menjangkiti satu juta orang Vietnam.

Mattis tak merinci alasannya mengunjungi lokasi tersebut. Namun dia sempat menyebut AS akan meluncurkan bantuan untuk memulihkan dampak Agen Oranye.

“Saya hanya ingin melihatnya, jadi ketika kembali dan berbicara di Kongres, saya dapat memberi tahu mereka bahwa saya telah melihat situs tersebut,” ujar Mattis dilansir dari AFP.

Sebelumnya AS berjanji akan membersihkan kawasan Agen Oranye, agar dampak biologis tidak menyebar di tengah-tengah masyarakat. Presiden AS sebelumnya, Barack Obama menyebut upaya pemulihan memakan biaya US$390 juta.

“Kami berjanji untuk membantu. Jadi ini adalah upaya AS menepati janjinya untuk memulihkan sebagian dari masa lalu,” jelasnya.

Diketahui, pasukan militer AS menyemprotkan 80 juta liter Agen Oranye di Vietnam Selatan antara 1962 hingga 1971, karena putus asa kewalahan melawan gerilyawan Viet Cong, dengan merampas lahan pertanian mereka.

TAGS : Amerika Serikat Agen Oranye

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42368/Menhan-AS-Tetiba-Kunjungi-Lokasi-Agen-Oranye/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments