Take a fresh look at your lifestyle.

Mengerikan, 1 Juta Penduduk Yaman Terjangkit Wabah Kolera

0 7
Mengerikan, 1 Juta Penduduk Yaman Terjangkit Wabah Kolera

Ilustrasi korban Kolera

Tehran – Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mencatat jumlah yang terjangkit penyakit kolera di Yaman mencapai satu juta orang di tengah agresi Saudi yang sedang berlangsung terhadap negara miskin tersebut. 

Pada Kamis (21/12) ICRC juga mengatakan bahwa lebih dari 80 persen penduduk Yaman kekurangan makanan, bahan bakar, air bersih dan akses terhadap perawatan kesehatan.

Sementara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 2.219 kematian sejak wabah kolera pada bulan April. Hampir sepertiga anak-anak  infeksi sejak saat itu hingga kini.

Pada Rabu, Oxfam memperingatkan bahwa lebih dari 8,4 juta orang Yaman saat ini berisiko kelaparan karena blokade Arab Saudi yang melumpuhkan di pelabuhan kunci Yaman, yang menyebabkan penghentian bantuan makanan, bahan bakar, dan obat-obatan.

Akibatnya, harga pangan dalam negeri meningkat 28 persen sejak awal November, ketika koalisi pimpinan-Arab memperketat pengepungan tersebut. Hal itu membuatnya tidak terjangkau bagi keluarga miskin untuk membeli makanan.

Selain penyakit kolera, warga Yaman juga menderita epidemi difteri. Kelompok bantuan memperingatkan bahwa penyebaran penyakit ini tidak dapat dihindari di Yaman karena tingkat vaksinasi yang rendah, kurangnya akses terhadap perawatan medis dan begitu banyak orang yang bergerak dan berhubungan dengan orang-orang yang terinfeksi.

Dilansir dari Memo, Jumat (22/12), sedikitnya satu juta anak berisiko terjangkit penyakit ini.

Arab Saudi dan sekelompok sekutu-sekutunya telah mengebom Yaman sejak 2015 untuk menempatkan bekas pemerintahan Riyadh-nya kembali ke pelana. Lebih dari 14.000 orang telah meninggal sejak perang dimulai.

Sekarang, lebih dari delapan juta orang Yaman berada di ambang kelaparan, membuat negara ini menjadi tempat kejadian, apa yang disebut PBB, krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

TAGS : Yaman Kolera ICRC Oxfam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26740/Mengerikan-1-Juta-Penduduk-Yaman-Terjangkit-Wabah-Kolera-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments