Take a fresh look at your lifestyle.

Mendikbud Gelar Program Belajar dari Rumah di TV Nasional

0 3
Mendikbud Gelar Program Belajar dari Rumah di TV Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Program Belajar dari Rumah, yang akan ditayangkan mulai Senin (13/4) mendatang di televisi nasional, TVRI.

Program ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah sebelumnya, untuk meniadakan kelas tatap muka akibat pandemi virus corona baru (Covid-19), dan menggantinya dengan kelas jarak jauh.

“Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemdikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19, khususnya membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis,” kata Nadiem dalam konferensi video pada Kamis (9/4) kemarin.

Nadiem menuturkan, program ini rencananya dapat terselenggara setidaknya selama tiga bulan ke depan. Nantinya, selain diisi dengan program pembelajaran untuk semua jenjang, Belajar dari Rumah juga akan menyajikan program Bimbingan Orang tua dan Guru serta tayangan kebudayaan pada akhir pekan.

Adapun konten atau materi pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, serta penumbuhan karakter peserta didik. Kemdikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi mengenai program ini bersama dengan lembaga nonpemerintah.

“Yang perlu dicatat bahwa sesungguhnya dalam keadaan seperti ini, yang menjadi penting saat adalah pemberian pendidikan yang bermakna,” terang Mendikbud.

Selanjutnya, dalam situasi di mana kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah terhenti, Mendikbud mengatakan solidaritas dan gotong royong menjadi kunci penanganan Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya terbuka untuk kerja sama dan kolaborasi pendukungan penyelenggaraan pendidikan di masa darurat ini.

“Kami berterima kasih atas semua bantuan, kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak, dari Komisi X, mitra swasta, organisasi masyarakat, juga relawan yang bersama-sama mengambil peran dan kontribusi dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini,” tutur Mendikbud.

“Semangat gotong royong yang kita miliki menunjukkan kesatuan dan kekuatan bangsa kita yang berideologi Pancasila,” imbuh dia.

TAGS : Belajar dari Rumah Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70338/Mendikbud-Gelar-Program-Belajar-dari-Rumah-di-TV-Nasional/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments